Motif Batik Kapal Api

0 244

Motif Batik Kapal Api

Motif Kapal Api digambarkan dengan bentuk berupa kapal laut yang lengkap dengan tiang-tiang kapal yang berbendera Indonesia. Hal ini cukup mendapat perhatian karena Indonesia pada waktu itu belum mempunyai kapal tetapi ada anggapan bahwa bendera merah putih digunakan sebagai simbol perlawanan penjajah Belanda sebab yang seharusnya adalah bendera Belanda yang berkibar di atas tiang kapal tersebut. Kode simbolik kekuasaan adalah bendaera dan kode ini adalah kode yang dominan. kapal yang digambarkan dalam Motif Batik itu digambarkan kapal yangmengeluarkan asap pada cerobongnya. Kapal tersebut digambarkan sedang berlayar dilautan lepas dan selain Motif Kapal Api, Motif Batik ini dilengkapi juga dengan gambar Motif  Binatang Air seperti ikan.

Masyarakat di daerah Imogiri membuat Motif Batik Kapal Api. Karya pengrajin Batik Giriloyo, Wukir Sari, Imogiri menggunakan gambar Motif Batik Kapal Api ini memakai kain katun primisima dan masih memakai pewarna natural yang berasal dari kayu pohon mahoni untuk menghasilkan warna baju batik seperti warna coklat susu. Kelompok Batik Tulis Lestari adalah salah satu kelompok pembatik di kota Imogiri ini mempunyai ciri dengan menggunakan Motif Batik Kapal Api yang berwarna biru. Selain berwarna biru di museum batik Mustoko Weni yang terletak di Imogiri dapat dijumpai beberapa Motif Batik Kapal Api dengan gabungan warna antara galaran putih dan dengan menggunakan motif gambar Kapal Api berwarna coklat.

Para pengrajin batik harus selalu mengikuti perkembangan zaman untuk dapat bertahan dan menyesuaikan dengan selera pasar. Batik dengan ragam jenis dan berbagai motif batik telah muncul dan ditujukan untuk menarik peminat-peminat batik baru. Anjuran pemerintah untuk memakai baju batik pada hari – hari tertentu bagi instansi pemerintah dan kantor – kantor swasta lainnya membawa dampak positif terhadap perkembangan baju batik di daerah daerah seluruh Indonesia.

Source Motif Batik Kapal Api Batik
Comments
Loading...