Motif Batik Kangkung Setingkes Khas Banyumangi

0 950

Motif Batik Kangkung Setingkes

Sejarah batik Banyuwangi berkaitan erat  dengan peradaban dan interaksi dengan lingkungan, baik flora maupun fauna yang terkandung di bumi Blambangan. Salah satu motif batik tersebut adalah motif batik Kangkung Setingkes. Motif batik kangkung setingkes merupakan salah satu motif batik yang dikagumi oleh sebagian masyarakat seperti halnya Motif Batik Gajah Oling yang telah membudaya  dan merupakan kebanggaan  masyarakat  Banyuwangi. Batik Kangkung Setingkes merupakan 1 dari 21 motif batik Banyuwangi yang diakui secara nasional.

Setiap motif batik khas Banyuwangi mempunyai filosofi tersendiri. Kangkung Setingkes motif batik yang bergambar sayuran kangkung yang diikat dalam sebuah tali memiliki makna  pentingnya sebuah kerukunan dalam hidup berumah tangga. Tumbuhan kangkung  sebagai inspiratif dari motif batik  kangkung setingkes,  dikarenakan tumbuhan  kangkung banyak tumbuh berkembang dengan subur disekeliling kita dan banyak digemari oleh  masyarakat  mengingat harga yang murah, rasa yang enak, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Filosofi Motif Batik Kangkung Setingkes

Motif batik kangkung setingkes mempunyai  filosofi bahwa kita senantiasa mengutamakan dan menumbuhsuburkan kerukunan dan kesatuan untuk membangun Banyuwangi yang lebih baik. Dan nantinya motif batik “Kangkung Setingkes” ini akan menjadi tema pada Banyuwangi Batik Festival (BBF) tahun 2014. Perjalanan  sejarah batik Banyuwangi berkaitan erat  dengan peradaban  dan interaksi dengan lingkungan, baik flora maupun fauna yang terkandung di bumi Blambangan. Salah satu motif batik tersebut  adalah motif batik Kangkung Setingkes.
Source Motif Kangkung Setingkes Batik Banyumangi
Comments
Loading...