Motif Batik Kangkung Khas Lombok

0 1.233

Mengenal Batik Nusa Tenggara Barat

Kain batik sudah menjadi warisan budaya Nusantara sejak zaman dahulu, dunia pun telah mengakui keberadaan kain batik milik Indonesia. Hal ini tak lepas dari peranan masing-masing daerah yang memiliki pusat pembuatan kain batik tradisional sebagai salah satu kerajinan tradisional yang sudah melekat sebagai peninggalan luhur dari nenek moyang beragam suku yang ada di Pulau Nusa Tenggara seperti halnya Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga  memiliki sentral batik sebagai kerajinan tangan yang sangat indah, salah satunya bernama kain Motif Batik Kangkung.

Pulau Lombok merupakan sebuah pulau dengan ciri khas makanan pedas. Plecing kangkung merupakan salah satu contoh makanan yang berasal dari Pulau Lombok.

Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, serta bangsa-bangsa yang hidup pada daerah tropis. Pada sisi lain, para pakar gulma internasional mengemukakan bahwa kangkung, atau populer dengan nama “Water Spinach”, seringkali dimasukkan ke dalam golongan gulma air, jika memperhatikan beberapa sumber daya hayati alam yang ditemukan di Indonesia, kangkung memiliki kandungan senyawa tertentu yang memiiki potensi untuk manfaat di dalam dunia farmasi.

Motif Kangkung ini bagus dijadikan motif batik dengan corak daun kangkung yang besar-besar sehingga dilihat mata tampak indah. Proses pewarnaan dengan menggunakan warna cerah ada juga berwarna merah berpadu kuning keemasan.

Source Batik Kangkung Lombok Batiku Hits
Comments
Loading...