Motif Batik Kamoro, Papua

0 99

Motif Batik Kamoro

Mengenai motif batik Papua. Batik Papua bermula ketika Pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari United Nations Development Programme (UNDP) untuk program pemberdayaan kebudayaan di Indonesia bagian Timur pada tahun 1985. Dalam program pemberdayaan ini, pemerintah setempat secara khusus mendatangkan langsung pelatih batik dari Jawa, khususnya Yogyakarta.

Perbedaan motif batik papua dengan jenis batik lainnya di Nusantara terletak pda motifnya. Jika motif Solo dan Jogja, biasanya dibuat simetris maka motif Papua justru kebalikannya. Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah, membuat motif batik Papua terlihat lebih eksotis. Oia , perbedaan lainnya terletak pada penggunaan jenis motif yaitu batik Jawa lebih banyak mengandung simbolisasi dalam penggunaan jenis motif sedangkan motif batik Papua sebagian besar menampilkan kedekatan dengan unsur alam.

Motif Batik Kamoro memiliki ciri khas dengan motifnya yang asimetris. Motif ini memperkenalkan keindahan alam serta keunikan seni ukir Suku Kamoro. Biasanya motif batik Kamoro berupa simbol Patung Berdiri. Motif batik Kamoro terkadang memiliki perbedaan mulai dari gaya, ekspresi patung, baju atau aksesoris, tak jarang pula didukung dengan motif tumbuhan khas Papua.

Source http://www.infobudaya.net http://www.infobudaya.net/2017/10/batik-papua-bentuk-keanekaragaman-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...