Motif Batik Kacang Thukul

0 267

Motif Batik Kacang Thukul

Pemberian nama kacang thukul berkaitan dengan bentuk utamanya yang menyerupai bentuk kacang. Kata thukul dalam bahasa Jawa berarti tumbuh. Komposisi bentuk merupakan gambaran dari pertumbuhan kacang. Motif hias kacang thukul diterapkan pada kain panjang. Teknik pembuatan menggunakan teknik batik tulis di atas kain primissima. Perpaduan warna yang ada terdiri dari warna biru kehijauan, hijau, dan merah menunjukkan motif batik pesisir yang menampilkan warna-warna cerah serta tergolong dalam ragam hias non geometris dengan tema utama tumbuhan (flora).

Unsur titik pada Motif Kacang Thukul terdapat pada ornamen utama (motif utama) yaitu bentuk stilasi dari kacang tanah. Susunan titik yang mempunyai bentuk dan ukuran yang tidak beraturan serta berkelompok menambah keindahan pada motif batik serta mengekspresikan tekstur kulit kacang yang kasar dan menunjukan kacang yang berbuah penuh. Unsur garis pada Motif Kacang Thukul terdapat pada kerangka ornamen utama (motif utama) dari isian. Garis ditorehkan dengan ritmis, tidak teratur serta didominasi oleh garis lengkung dengan ketebalan yang bervariasi seolah-olah menggambarkan karakteristik bentuk kacang yang dinamis serta tidak beraturan. Secara keseluruhan tidak ditemukan garis lurus dalam motif tersebut, karena kenyataannya pada bentuk kacang tidak ditemukan garis lurus.

Unsur warna yang terdapat pada motif kacang thukul terdiri dari merah, biru kehijauan, dan hijau pada beberapa motif kacang. Warna merah dan hijau termasuk dalam warna kontras. Warna merah dan biru kehijauan termasuk dalam golongan warna selaras kontras. Warna hijau dan biru kehijauan mempunyai karakteristik yang hampir sama yang berhubungan dengan sikologo yaitu menampilkan rasa tenang, damai, dan menyejukan mata. Warna merah mempunyai karakteristik warna terkuat sehingga menarik perhatian mata. Dari perpaduan warna kompelmenter pada ragam hias kacang thukul yaitu warna hangat dan dingin namun setelah dipadukan warna terlihat indah dan memunculkan bentuk motif yang merupakan stilasi dari bentuk kacang tanah.

Source http://eprints.uny.ac.id/38064/1/Krismawan%20Adi%20S_07206244021.pdf
Comments
Loading...