Motif Batik Kabupaten Tegal Berpotensi Mendunia

0 155

Motif Batik Kabupaten Tegal Berpotensi Mendunia

Kabupaten Tegal tidak hanya punya warteg dan bahasa medoknya, tapi juga memiliki kerajinan batik. Dalam acara Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada Sabtu-Minggu (22-23 Juli 2017), kabupaten dengan luas wilayah 901,52 kilometer persegi ini ternyata mampu memamerkan berbagai macam produk batik yang tak kalah dengan produk batik lain dari berbagai kota atau kabupaten di Jawa Tengah. “Kami punya ratusan pengrajin batik yang sudah turun-temurun sejak lama di beberapa desa Kabupaten Tegal. Mereka ada yang mengembangkan produk batik tulis dan alam, batik cap, batik sablon/printing, dan batik kombinasi,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal, Suharinto.

Menurut Kepala Badan Penghubung Pemprov Jawa Tengah, Sudarmanto, ternyata kualitas produk batik Kabupaten Tegal mampu bersaing dengan produk batik dari daerah lain yang sudah punya nama, seperti Surakarta, Wonogiri, Banyumas, dan Pekalongan. Batik Tegalan masih punya peluang pasar yang cukup besar, baik dalam maupun luar negeri. Sejumlah turis Jepang yang berkunjung ke stand pameran produk unggulan Kabupaten Tegal langsung memborong beberapa kain batik tulis. “Motif batik Tegal sangat unik, sehingga saya tertarik membelinya beberapa potong kain untuk promosi di negara saya,” ujar Horotama, salah seorang turis Jepang itu. Batik dengan kualitas sangat baik, papar Suharinto, harga per kain untuk batik tulis di tingkat pengrajin bisa mencapai Rp. 3.000.000. Bila sudah masuk hotel berbintang harganya bisa berlipat kali.

Batik Tegalan memang punya corak yang unik, tergolong dalam jenis batik pesisir dengan ragam hias yang naturalis, tidak ada aturan atau batasan mengikat seperti halnya batik Yogya dan Solo. Batik Kabupaten Tegal terkenal dengan motif batik klasik yang memiliki corak dan warna tegas, mencerminkan watak “Wong Tegal”. Selama ini, pemberian nama corak batik Tegalan berasal dari nama benda yang ada di lingkungan sekitar dan telah akrab dengan kehidupan sehari-hari. Corak batik Tegal terdiri dari ragam hias sebagai ornamen utama corak secara keseluruhan dan ragam hias tambahan sebagai ornamen pelengkap. Corak batik Tegalan saat ini menyajikan berbagai bentuk yang berorientasi pada flora dan fauna sebagai ragam hias utamanya, seperti berbagai jenis tanaman berupa daun, bunga, buah dan binatang.

Source http://banyumasnews.com/about/ http://banyumasnews.com/96638/motif-batik-kabupaten-tegal-berpotensi-mendunia/
Comments
Loading...