Motif Batik Indramayu

0 434

Motif Batik Indramayu

Para seniman batik di daerah Indramayu bebas menggunakan imajinasi mereka dan berbagai macam bentuk yang mereka inginkan dalam motif batik yang dibuat. Keindahan Motif Batik Indramayu ini juga banyak mendapatkan dukungan dari keindahan warna yang mereka pakai. Motif batik Indramayu ini banyak menggunakan warna cerah yang sangat khas dari batik yang berasal dari wilayah pesisir. Motif batik yang menggambarkan berbagai unsur tumbuhan dan juga hewan merupakan motif batik yang menjadi ciri khas dari motif batik pesisir ini. Motif batik dari Indramayu ini banyak menggunakan bentuk khas dari alam pinggir pantai seperti motif batik yang berbentuk udang, bunga, daun, akar dan juga berbagai macam burung yang banyak ditemui terbang di daerah pinggiran pantai.

Motif dan model batik yang dibuat oleh para seniman Batik Indramayu ini bersifat non geometris. Motif batik ini menggunakan motif yang dibentuk tersebar secara bebas dan memiliki bentuk motif batik yang sangat menarik yang dibuat penuh pada permukaan kain batik tersebut. Motif Batik Non Geometris ini beberapa contohnya adalah Motif Batik Bunga Matahari yang dikenal dengan sebutan Motif Batik Kembang Srengenge, kemudian Motif Jahe Srimpang, Motif Batik Anggungan Manuk Tetingkring, Motif Batik Jarot Asem dan masih banyak lagi. Motif Batik khas Indramayu yang menggunakan model batik dengan bentuk non geometris.

Motif Batik Indramayu banyak juga yang ditata dengan bentuk pola yang dinamis dan banyak menggunakan bentuk motif batik yang menggunakan pola lengkung dan juga bentuk garis yang meruncing. Motif batik ini disebut dengan ririan yang menggunakan latar belakang kain yang menggunakan latar warna putih dan juga gelap yang tidak memiliki makna yang khusus.

Source Motif Batik Indramayu Batik
Comments
Loading...