Motif Batik Imogiri

0 200

Motif Batik Imogiri

Kota Imogiri merupakan salah satu daerah yang menjadi penghasil kesenian batik di Indonesia. Wilayah Imogiri  cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Jawa pada khususnya, karena di wilayah ini terdapat makam para raja-raja yang pernah berkuasa di Mataram. Wilayah Imogiri yang cukup berdekatan dengan kota Yogyakarta membuat wilayah ini juga menjadi tempat pembuatan batik oleh Keraton pada zaman dahulu. Bahkan dapat disebut, daerah Imogiri adalah tempat pertama kesenian batik mulai diperkenalkan kepada masyarakat yang berada di luar keraton.

Kebutuhan keraton terhadap batik membuat para pembuat batik mulai mengajarkan kesenian membuat batik ini kepada masyarakat luas untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan kain keraton. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat Imogiri kemudian juga membuat berbagai jenis motif batik yang menjadi motif yang asli dari daerah mereka. Di antara motif tersebut ada motif yang disebut dengan Motif Kapal Api. Motif Batik Kapal Api ini adalah salah satu jenis motif yang didapat oleh masyarakat dari budaya dan juga bentuk yang berasal dari bangsa eropa pada masa penjajahan bangsa Belanda terhadap rakyat Indonesia.

Daerah Imogiri adalah sebuah wilayah yang terletak di perbukitan dan jelas bukan sebagai tempat kapal api bersandar karena terletak cukup jauh dari lautan. Selain itu ada juga motif batik yang menggambarkan Motif Tentara Belanda. Berbagai motif ini merupakan motif yang mungkin didapatkan oleh masyarakat berdasarkan gambar dari para tawanan atau bisa juga dari para penduduk Imogiri yang ikut menyerang Batavia ketika mereka bergabung dengan laskar dari Sultan Agung.

Source Motif Batik Imogiri Batik
Comments
Loading...