Motif Batik Gribigan

0 208

Motif Batik Gribigan

Motif Gribigan diambil dari bentuk isian yang terdapat pada latar kain batik. Rangkaian garis yang berjajar membentuk dasar pola geometris inilah yang disebut gribigan (dinding gubuk yang terbuat dari bambu). Motif ini merupakan ragam hias kombinasi yaitu gabungan dari ragam hias geometris dan non geometris dengan tema tumbuhan (flora) berupa bunga, daun, dan ranting yang disusun secara harmonis sehingga menghasilkan komposisi yang indah serta batik ini dibuat dengan teknik lorodan. Secara keseluruhan ornamen utama (motif utama) didominasi oleh warna hijau dan biru dengan latar belakang warna coklat. Motif ini digunakan untuk kain panjang dengan bahan dasar primissima. Motif gribigan boleh dikenakan oleh siapapun dan tidak ada aturan khusus dalam pemakaiannya.

Unsur titik pada Motif Gribigan terdapat pada ornamen utama (motif utama) yaitu bentuk stilasi dari tumbuhan (flora) yaitu bentuk bunga dan daun. Susunan titik pada daun yang disusun dengan ritmis, membentuk tulang daun sehingga memperindah bentuk motif daun itu sendiri. Unsur titik yang terdapat pada keliling bunga mempertegas bentuk bunga. Titik-titik tersebut disusun secara acak maupun beraturan sehingga timbul kesan yang berbeda-beda serta menambah keindahan pada batik sehingga terkesan dinamis. Unsur garis pada Motif Gribigan terdapat pada kerangka ornamen utama (motif utama) dari isian yang terdiri dari lengkung, tipis dan tebal. Secara keseluruhan motif ini didominasi oleh garis lengkung dan lurus yang terkesan dinamis. Isian latar berupa garis yang disusun membentuk dasar pola geometris menunjukan bentuk gribigan yaitu menyerupai dinding gubuk yang terbuat dari bambu. Dasar pola geometris tersebut memenuhi seluruh permukaan bidang latar yang disusun secara ritmis.

Unsur warna yang terdapat pada Motif Gribigan terdiri dari warna biru, hijau, merah, dan coklat yang diperoleh melalui pewarnaan celup dan colet dengan warna Naphtol. Warna biru dan hijau termasuk golongan warna dingin, keduanya mempunyai karakteristik sejuk, tenang, damai, dan pasif. Warna coklat merupakan warna netral yang secara psikologis mempunyai karakter tenang dan hangat. Sedangkan warna merah mempunyai karakteristik warna terkuat dan menarik perhatian.

Source http://eprints.uny.ac.id/38064/1/Krismawan%20Adi%20S_07206244021.pdf
Comments
Loading...