Motif Batik Galuh Mukti dan Beasan Dipatenkan Cianjur

0 65

Motif Batik Galuh Mukti dan Beasan Dipatenkan Cianjur

Motif Batik Galuh Mukti dan Batik Beasan sudah ditetapkan sebagai aset khas milik Kabupaten Cianjur. Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cianjur, Harry M Sastrakusumah mengatakan, pengukuhan United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) terhadap batik Indonesia yang dimasukan ke dalam daftar representatif budaya takbenda warisan manusia merupakan pengakuan intenasional terhadap mata budaya Indonesia. “Berdasarkan pertimbangan, Kabupaten Cianjur akhirnya telah memiliki motif batik khas yang perlu ditetapkan dengan Keputusan Bupati Cianjur,” kata Harry. Motif Batik Galuh Mukti tersebut memiliki makna di antaranya seperti kubah yang mengarah ke atas. Kubah itu bermakna atau memiliki simbol kepada ke-Esa-an Tuhan Maha Pencipta alam semesta.

Sepasang buah padi melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran. Sepasang sayap bersusun sepuluh, mempunyai makna untuk terus bergerak mengikuti dinamika kehidupan ke depan. Kecapi melambangkan kebudayaan dari kesenian. Kitab dan rakel, melambangkan kemakmuran dan kekayaan alam. Dua tiang melambangkan sebagai penyangga utama kebudayaan dan kesenian. Makna dari warnanya sendiri, seperti merah melambangkan pengayoman, biru melambangkan kebudayaan dan kesenian, hijau kesuburan dan kesejahteraan, serta kuning melambangkan keagungan dan keluhuran budi pekerti, serta yang warna coklatnya melambangkan tanah air dan tradisional. Sedangkan Batik Beasan sendiri, memiliki motif dan pola dasar batik dengan ciri-ciri seperti kumpulan atau satuan aktif pohon, batang pohon, daun, pucuk bunga, bunga, buah “Beasan” padi yang dipadukan dengan unsur alam, dan lingkungan keberadaannya hamparan sawah, sungai, air, pohon-pohonan, bukit, gunung dan awan.

Pola atau bentuk gambar Beasan dalam seluruh arah simetris, asimetris, vertikal dan horizontal. Tambahan/penambahan/saweran pada setiap gambar/motif Beasan dalam batik Solo dan Jogya disebut tik (titik). Kalau pada batik Beasan berbentuk satuan pulir/biji padi gabah dan bunga padi. Makna warna utama untuk Batik Beasan khas Cianjur sebagaimana keberadaan pohon padi pada pesawahan yang memiliki unsur warna alam, seperti coklat tua hingga muda dari unsur tanah. Hijau tua hingga muda dari unsur pohon padi sejak benih hingga masa panen. Kuning emas, kuning tua hingga muda dari unsur gabah (buah padi sebelum proses) dan unsur warna gabungan/komposisi dari campuran warna-warna.

Source https://m.inilah.com/ https://m.inilah.com/news/detail/1968714/motif-batik-galuh-mukti-beasan-dipatenkan-cianjur
Comments
Loading...