Motif Batik Gajah Lung Saliman

0 46

Motif Batik Gajah Lung Saliman

Motif Batik Gajah Lung Saliaman merupakan gabungan dari beberapa motif, motif utamanya adalah binatang Gajah (Liman) yang di susun secara acak dengan bentuk motif yang berbeda-beda seperti pada gambar yang menyebar ke seluruh kain. Sedangkan motif pelengkapnya terdiri dari tumbuhan menjalar (Lung-lungan) dan bunga-bungaan yang disusun saling berkaitan satu sama lain secara berulang. Motif Batik Gajah Lung Saliman mengambarkan kehidupan antara binatang dan tumbuhan di hutan yang saling membutuhkan satu sama lain.

Batik Gajah Lung Saliman didesain oleh Bambang Sumardiyono yang selain bermaksud sebagai simbol dari Kabupaten Sleman kain batik ini juga memiliki makna khusus yaitu mengambarkan keharmonisan hubungan antara hewan dan tumbuhan di alam ini, gambaran hal tersebut merupakan keadaan Kabupaten Sleman dahulu sebagai hutan Gajah (Liman), makna dalam motif tersebut mengandung pesan supaya manusia, hewan dan tumbuhan dapat hidup dengan berdampingan, manusia sebagai makluk yang paling sempurna diharapkan mampu menjaga alamnya dengan baik dan tidak merusak lingkungan yang akan menyebabkan kehidupan binatang dan tumbuhan akan terganggu dengan kata lain manusia harus merawat bumi ini agar dapat ditinggali dengan lama dan nyaman.

Pemberian warna dominan cokelat pada latarnya dan warna ungu, merah pada motifnya terlihat menambah variasi warna tetapi tidak menghilangkan ciri khas warna batik Sleman yaitu warna biru. Bambang juga menjelaskan bahwa Batik Motif Gajah Lung Saliman merupakan batik moderen, yang bebas menciptakan motif dan warnanya.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...