Motif Batik Di Gallery Lembur Batik Cimahi

0 64

Motif Batik Di Gallery Lembur Batik Cimahi

Gallery Lembur Batik Cimahi yang berada di Jalan Pesantren Nomor 131, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, memiliki lima motif batik yang dinilai paling sesuai dan cocok untuk dijadikan motif batik khas Kota Cimahi. Menurut pemilik Gallery Lembur Batik, Triwanto Wardi ada lima motif batik yang diterapkan agar ciri khas batiknya benar benar mencolok.

Ini 5 Motif Batik Khas Kota Cimahi yang ada di Gallery Lembur Batik.

  1. Motif Cireundeu

Menurut Triwanto Wardi, motif itu dibuat untuk mewakili masyarakat adat Kampung Cireundeu tentang singkong yang merupakan makanan pokok pengganti nasi, sehingga telah menjadi inspirasi untuk menciptakan motif batik. Jadi pada Motif Cireundeu ini, motif batiknya terlukis daun singkong dan ketela.

  1. Motif Ciawitali

Motif ini didominasi oleh lukisan bambu dan anyamannya. Ciawitali sendiri merupakan nama suatu kampung di Kecamatan Cimahi Tengah yang banyak ditumbuhi rumpun bambu.

  1. Motif Curug Cimahi

Seperti diketahui Curug Cimahi merupakan tempat wisata kebanggaan warga Cimahi yang terletak di kawasan Cisarua. Meskipun kawasan tersebut kini sudah termasuk wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), namun Curug Cimahi sudah menjadi tempat wisata bagi warga Cimahi, sehingga menjadi salah satu inspirasi pembuatan motif batik.

  1. Motif Pusdik

Motif ini terinspirasi dari banyaknya Pusat Pendidikan (Pusdik) militer di kota. Banyaknya Pusdik di Kota Cimahi bisa membedakan kota Cimahi dengan kota-kota lain yang ada di Jawa Barat. Pada motif Pusdik ini terlukis berbagai aktivitas pendidikan militer seperti latihan perang, motif Kawah Candradimuka yang merupakan simbol pendidikan militer.

  1. Motif Kujang

Seperti di ketahui, Kujang merupakan senjata tradisional khas Jawa Barat, pada motif ini terdapat dua jenis motif Kujang yang ada pada batik Cimahi, yaitu motif Rereng Kujang dan Kujang Cakra.

Source http://jabar.tribunnews.com/ http://jabar.tribunnews.com/2017/12/19/ini-5-indentitas-kota-cimahi-yang-dijadikan-motif-batik-di-gallery-lembur-batik-cimahi
Comments
Loading...