Motif Batik Desa Kepek Segera Dipatenkan

0 144

Motif Batik Desa Kepek Segera Dipatenkan

Setelah Desa Tancep, Ngawen, satu lagi desa di Gunung Kidul bakal mematenkan produk batiknya, yakni Desa Kepek di Kecamatan Wonosari.  Sebuah batik dengan Motif Manding Muda atau Mandingan bakal menjadi motif andalan Batik Desa Kepek ini. “Sengaja kita pilih gambar Batik Mandingmuda, istilah warga kami adalah Kepek yang juga nama desa kami,” kata Kepala Desa Kepek, Bambang Setiawan BS.

Produk batik ini akan digunakan sebagai baju seragam perangkat desa, lembaga desa, dan dusun. Selain pematenan, Batik Motif Kepek ini butuh pengakuan masyarakat. Untuk upaya promosi, pihaknya akan memberikan contoh penggunaan batik kepada masyarakat, diharapkan hal ini akan diterima sehingga warga masyarakat antusias menggunakan Batik Kepek ini.

Dengan adanya kucuran dana dari APBN bagi desa yang besarannya miliaran rupiah, pihaknya juga mulai ancang-ancang untuk pengembangan home industry batik. Selain itu juga dibangun showroom batik produksi Desa Kepek ini. Inisiator batik Desa Kepek, Guntur Susilo mengatakan, upaya membudayakan membatik sebenarnya sudah lama dirintisnya. Selain di Dusun Kepek I sebagai tempat tinggalnya, di Dusun Bansari juga sempat dikembangkan.

Namun sayang hal ini kurang mendapatkan respons sehingga sedikit ada kendala untuk pengembangan produk batik. Beberapa pihak juga memberikan support sehingga langkah nyata untuk melestarikan batik bisa berjalan lancar. ”Apalagi dengan adanya dana dari APBN lewat desa, kini menjadi semangat para pembatik untuk berkreasi dan berproduksi,” kata Guntur.

Source Motif Batik Desa Kepek Segera Dipatenkan Batik
Comments
Loading...