Motif Batik Desa Girilayu Ceplok Kinasih

0 63

Motif Batik Desa Girilayu Ceplok Kinasih

Motif batik Desa Girilayu berkembang pesat dengan pengembangan ke arah motif kontemporer. Tetapi tetap saja motif tradisional sebagai acuan utama pengembangan berbagai motif itu. Salah satu motifnya adalah ceplok kinasih. Batik motif Ceplok pada dasarnya adalah motif yang terdiri dari pengulangan bentuk-bentuk dasar geometri, seperti segi empat, empat persegi panjang, oval, atau bintang yang disusun teratur. Hampir mirip seperti motif Kawung tetapi memiliki pola lebih besar. Dengan pewarnaan klasik khas batik tradisional yaitu sogan cokelat dan hitam, menambah aura sejuk bagi para pemakainya.

Motif bunga di tengah motif segi empat, dan diselingi dengan motif burung yang juga berada di tengah posisi segi empat tersebut. Kemudian pengulangan motif yang terlihat rapi dan elegan. Di sekitar motif bunga, diberikan cecekan yang melengkapi segi empat tersebut. Motif Ceplok tradisional menunjukkan empat penjuru arah mata angin, dengan artian bahwa manusia hidup harus memiliki arah dan tujuan yang benar. Menjadi manusia yang tahu arah, tahu diri, mawas diri dan berhati hati kepada setiap tingkah lakunya. Bisa juga diartikan bahwa sebagai pusat dari empat penjuru arah harus seimbang dalam menjalani kehidupan.

 

Sedangkan kinasih sendiri berarti sangat dikasihi, berarti bahwa motif ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa kepada setiap makhluk hidup harus memiliki rasa belas kasih. Tidak kurang dan tidak perlu berlebih. Diharapkan pemakainya menjadi seseorang yang berbelas kasih dan bisa diterima orah semua kalangan.

Source https://indonesianbatik.id/ https://indonesianbatik.id/2018/03/15/motif-batik-desa-girilayu-ceplok-kinasih-batik-untuk-yang-terkasih/
Comments
Loading...