Motif Batik Demak

0 204

Motif Batik Demak

Batik Demak merupakan sebuah seni yang dimiliki oleh masyarakat wilayah tersebut yang telah berumur sangat lama. Seni membuat batik di Kota Demak terdapat di beberapa wilayah di antaranya dapat dijumpai di wilayah desa Wedung, desa Karangmlati, desa Bonang dan beberapa lokasi desa lainnya. Batik dan juga berbagai kerajinan batik seperti baju batik dan kain batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini merupakan jenis batik yang masuk dalam golongan batik halus dan memiliki nuansa coklat dan juga menggunakan motif yang berupa motif gabungan antara bunga dan juga Motif Batik Burung.

Motif yang digunakan dalam batik daerah ini seperti motif yang dipakai oleh para seniman pembuat batik dari daerah pesisir pada umumnya. Walaupun begitu batik dari daerah Demak ini cukup berbeda dengan motif batik daerah lainnya yang dapat dilihat dari warna yang dipakai oleh Batik Demak yang memiliki kesan lebih lembut dan menggunakan paduan dan jenis warna yang tidak mencolok seperti batik daerah pesisir lainnya seperti motif batik yang berasal dari Pekalongan, motif batik dari wilayah Semarang dan juga Cirebon. Motif batik yang berasal dari daerah ini merupakan motif batik yang menggunakan warna yang lembut dan juga kalem yang disertai dengan warna yang indah.

Selain itu pola dan juga motif batik yang berasal dari daerah Cirebon ini pada umumnya menggunakan detil motif yang padat dan juga merupakan jenis motif batik yang detailnya cukup susah untuk dibuat.beberapa motif batik yang terkenal dari daerah ini adalah motif batik ganggang yang merupakan motif yang ide dasarnya berasal dari suatu jenis tumbuhan laut.

Motif Batik Demak ini sekilas dapat terlihat agak mirip dengan motif batik djawa baroe yang merupakan kelanjutan dari Motif batik jawa hokokai. Motif djawa baroe ini adalah motif batik yang berkembang setelah masa pendudukan bangsa Jepang di Indonesia. Batik di wilayah Demak ini pada masa dahulu pernah berhenti berproduksi dan hilang dari pasaran selama beberapa dekade. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab yang diantaranya adalah persaingan yang ketat dengan motif baju batik cap dan selain itu kurangnya regenerasi dari para seniman batik muda di wilayah ini. Motif yang muncul dan dibuat oleh para seniman batik di wilayah ini adalah motif batik yang merupakan paduan antara Motif Batik Pesisir dan juga Motif Batik Pertanian, selain itu ada juga motif yang merupakan paduan antara corak Batik Majapahit dengan motif yang memiliki nilai-nilai Islam.

Source https://buatblogbibol.wordpress.com/ https://buatblogbibol.wordpress.com/2015/10/12/motif-batik-demak/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...