Motif Batik Ciliwung Khas Betawi

0 819

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan hasil alamnya yang dimanfaatkan untuk kerajinannya, salah satu hasil kerajinan dari Indonesia adalah batik. Semua orang tentu mengenal hasil kerajinan yang satu ini. Dunia pun sudah mengakuinya. Di setiap daerah yang di Indonesia hampir memiliki sekurangnya satu jenis atau motif batik, contohnya saja batik Betawi. Betawi yang merupakan masyarakat asli Jakarta ini menjadi salah satu etnis yang sangat kreatif dan terkenal dengan seni drama atau lenongnya.

Ciri khas kain batik Betawi  dengan menonjolkan motif tumpal yaitu bentuk motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bagian kepala kain dan badan kain. Saat dikenakan, Tumpal harus ada di bagian depan. Motif burung hong juga masuk dalam ciri khas batik betawi sebagai perlambang kebahagiaan. Motif batik Betawi lebih terfokus pada kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. Motif kuno batik betawi terbagi dari beberapa jenis salah satunya Motif Batik Ciliwung. Batik Betawi sering digunakan untuk acara-acara betawi, seperti pernikahan, pentas seni khas betawi, dan yang lainnya.

Motif Batik Ciliwung

Motif Batik Ciliwung berdasarkan ide dari peradaban manusia yang berasal dari tepian Sungai Ciliwung. Konon penguasa Portugis dan Belanda begitu tertarik dengan Sungai Ciliwung hingga bermaksud menguasai Betawi.

Sesuai namanya, pemakaian batik ini diharapkan pemakainya menjadi pusat daya tarik dan sebagai simbol rezeki yang terus mengalir bak sebuah aliran kali Ciliwung.

 

 

Source Motif Batik Ciliwung Batik Betawi
Comments
Loading...