Motif Batik Ciamisan

0 226

Motif Batik Ciamisan

Motif batik yang dibuat oleh seniman batik di Ciamis ini merupakan motif batik yang mendapatkan beberapa pengaruh dari berbagai wilayah dan juga budaya. Ragam hias batik ini menggunakan bentuk batik pesisir yang berasal dari daerah Tasikmalaya, Garut, Cirebon dan juga berasal dari daerah Indramayu. Seniman batik dari daerah ini juga mendapatkan pengaruh bentuk dari Motif Batik Solo dan Jogja. Gabungan dari berbagai macam daerah, motif dan juga budaya masyarakat Ciamis ini sendiri pada akhirnya menciptakan motif batik yang dikenal dengan sebutan Motif Batik Ciamisan.

Perpaduan dari berbagai unsur akhirnya dibuat dengan menyesuaikan selera dan juga gaya yang disenangi oleh masyarakat daerah ini sehingga menjadi sebuah motif yang sederhana namun sangat indah dan juga menawan. Dengan bentuk dan Motif Batik Ciamisan yang tidak terlalu ramai motif batik dari daerah ini sering juga disebut sebagai Motif Batik Sarian. Motif batik dari Ciamis ini sering dipadukan dengan kain yang kalem dan hal ini memperlihatkan selera dan karakter masyarakat Ciamis yang sederhana dan juga tenang.

Motif batik yang dibuat oleh penduduk Ciamis ini pada umumnya merupakan motif batik yang mengandalkan unsur keindahan motif saja tanpa memiliki makna, lambang atau nilai-nilai khusus yang ada pada setiap motif batiknya. Motif batik yang dibuat oleh seniman batik ini lebih menekankan pada ungkapan masyarakat daerah ini yang sangat menyukai kesederhanaan dalam usaha mereka untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian mereka.

Motif batik berasal dari beragam bentuk dan pola yang ada di alam sekitar mereka dan juga berbagai keseharian ini telah diubah menjadi berbagai jenis Motif Batik Ciamis yang indah dan membuat motif khas dari daerah mereka. Beberapa motif batik yang berasal dari daerah Ciamis ini adalah Motif Batik Rereng Lasem, Motif Batik Parang Sontak, Motif Batik Rereng Seni, Motif Batik Sintung Ageung, Motif Batik Kopi Pecah, Motif Batik Lepaan, Motif Batik Rereng Parang Rusak, Motif Batik Rereng Adu Manis, Motif Batik Kumeli, Motif Batik Rereng Parang Alit, Motif Batik Rereng Useup, Motif Batik Rereng Jenggot, Motif Batik Rereng Peuteuy Papangkah.

Source Motif Batik Ciamisan Batik
Comments
Loading...