Motif Batik Ceplok Kembang Kates

0 344

Motif Batik Ceplok Kembang Kates

Motif yang terdapat pada Batik Ceplok Kembang Kates berawal dari pola motif Probonegoro lalu isianya dari pepaya atau kates tetapi tidak seluruh dari komponen pepaya hanya sebatas pada biji dan bunga saja. Motif utama yang terdapat pada Batik Ceplok Kembang Kates hanya biji dan bunga saja yang di stilasi atau yang dikembangkan menjadi motif baru. Komposisi motif utama bentuknya persegi empat dan dibuat agak miring ke atas atau tidak sejajar (diagonal), disela-sela ujung pada motif utama dihubungkan dengan tambahan isen titik-titik kecil yang melingkar (cecek) antara motif satu dengan motif yang lainnya.

Motif isen-isen terdapat pada semua motif utama ada cecek, dan sawut. Latar belakang atau background motif sengaja tidak diberi motif tambahan atau kosongan karena motif utama dan isen–isen sudah selaras. Motif Ceplok Kembang Kates memiliki komposisi bentuk yang sesuai dengan bentuk tanaman pepaya atau kates. Meskipun di dalam penciptaan motif Ceplok Kembang kates tidak semua bagian dari pepaya digunakan hanya sebatas biji dan bunga, tetapi tumbuhan tersebut dibentuk dengan stilasi menjadi motif batik yang sangat balance, selaras dan indah.

Bentuk motif tanaman kates terdiri dari biji yang distilasi dengan daun yang melingkari biji tersebut dan pada mahkota bunga yang mekar diposisi tengahnya terdapat putik 1 mahkota terdiri dari 4 kelopak dan terdiri dari 8 putik. Motif Ceplok Kembang Kates secara visual terkesan padat, penuh, dan simple karena motifnya diberi isen titik-titik atau cecek dan sawut sehingga terlihat padat dan halus tetapi sangat indah dan menarik untuk dikombinasikan antara teknik tulis dan cap. Dengan keseimbangan bentuk penggubahan antara bunga dan biji terlihat selaras dan seimbang sehingga memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...