infobatik.id

Motif Batik Cendrawasih, Papua

0 30

Perbedaan motif batik papua dengan jenis batik lainnya di Nusantara terletak pda motifnya. Jika motif Solo dan Jogja, biasanya dibuat simetris maka motif Papua justru kebalikannya. Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah, membuat motif batik Papua terlihat lebih eksotis. Oia , perbedaan lainnya terletak pada penggunaan jenis motif yaitu batik Jawa lebih banyak mengandung simbolisasi dalam penggunaan jenis motif sedangkan motif batik Papua sebagian besar menampilkan kedekatan dengan unsur alam.

Motif Batik Cendrawasih

Motif Batik Papua yang pertama adalah motif Cenderawasih. Motif ini lebih menonjolkan kecantikan burung Cenderawasih dan alat musik Tifa. Tidak ada corak tanaman dalam motif batik ini, burung Cendrawasih dan Tifa keduanya berwarna keemasan, sehingga terlihat lebih mencolok apalagi ditambah dengan warna dasar merah. Motif batik ini tersirat sebuah pesan asal muasal batik tersebut berasal.

Source http://www.infobudaya.net http://www.infobudaya.net/2017/10/batik-papua-bentuk-keanekaragaman-batik-di-indonesia/
Comments
Loading...