Motif Batik Cap Kuno Yang Akan Menjadi Tren

0 327

Motif Batik Cap Kuno Yang Akan Menjadi Tren

Adanya teknik batik cap membuat banyak orang dari berbagai kalangan bisa menikmati batik. Bahkan di tahun ini demand untuk batik cap semakin meningkat. Batik cap juga lebih fleksibel jadi terkadang dalam satu kain mereka bisa menggabungkan beberapa motif dan tidak harus menggunakan warna-warna pakem seperti pada beberapa motif batik tulis. Ibarat musik, batik cap adalah versi pop dari batik tulis yang eksklusif.

Seiring dengan naiknya permintaan akan minat masyarakat akan batik untuk pakaian sehari-hari, dan dilihat dari permintaan publik, batik cap akan menjadi primadona tahun 2011 mengalahkan batik cetak (print). Inilah beberapa motif batik kuno yang akan kembali dicetak dan diprediksi akan menjadi tren 2011 sebagai berikut :

1. Magersari (Menempati tapi tidak punya hak).
Selain merupakan nama sebuah daerah di Surakarta, pada jaman dulu Magersari merupakan julukan yang digunakan pada para abdi dalam yang memiliki hak pinjam tanah. Biasanya mereka dipinjami tanah oleh majikan mereka dari keluarga ningrat sebagai imbalan atas pengabdian mereka.

2.Kembang Padi
Bunga padi ini diharapkan untuk selalu mekar bersinar sehingga hasil panen pun terus berlimpah ruah.

3. Kipas Kemesraan
Menggambarkan sepasang kekasih yang sedang jatuh cinta.

4. Mawar Lingkar 
Menggambarkan kecantikan bunga mawar.

5. Serkari Rinonce
Sambung menyambung menjadi satu agar tidak mudah terpisahkan.

6. Pitaloka
Selain bunga mawar, bunga pitaloka ini juga menjadi salah satu motif favorit untuk batik cap.

Source http://infoseputarbatik.blogspot.co.id/ http://infoseputarbatik.blogspot.co.id/2014/11/yang-perlu-diketahui-tentang-batik-cap.html
Comments
Loading...