Motif Batik Bola Carica

0 200

Motif Batik Bola Carica

Batik Bola diciptakan pada waktu ada trend batik bola. Anak muda cenderung suka bola dan tidak terbatas oleh jenis kelamin pria maupun wanita. Sehingga muncullah ide untuk membuat batik dengan gambar bola. Nama Batik Bola Carica sekaligus sebagai promosi. Motif yang terdapat di dalam Batik Bola Carica adalah Motif Carica, Motif Bola dan bidang abstrak.

Motif Carica

Motif Carica pada Batik Bola Carica mengalami perubahan pada bentuknya. Bentuk motif carica asli dengan bentuk daun seperti daun pepaya dengan tulang daun enam berubah menjadi lima. Unsur garis yang membentuk daun biasanya terkesan garis tajam, pada Batik Bola Carica unsur garis dibuat lembut. Ukuran motif carica dengan ukuran panjang 12 cm dan tinggi 8 cm.

Motif Bola

Motif bola merupakan motif yang ide dasarnya dari bentuk bola. Bentuk motif adalah berupa bidang lingkaran yang kemudian di dalamnya digambarkan tiga bentuk setengah lingkaran yang terpusat di tengah lingkaran. Ukuran motif dengan diameter 2 cm.

 

Motif Abstrak

Motif Abstak merupakan bidang non geometris, bentuknya seperti bentuk karang di lautan. Bidang ini untuk menyeimbangkan bentuk dari motif carica, unsur garis dibuat mirip dengan motif carica. Garis dibuat sama supaya timbul kesan garis seirama.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...