Motif Batik Blok Carica

0 178

Motif Batik Blok Carica

Batik Blok Carica diciptakan setelah kelompok batik Carica Lestari mendapat pelatihan batik di Lasem. Dinamakan Batik Blok Carica karena dalam sehelai kain didominasi oleh motif carica dan pada proses pembuatan yaitu proses pewarnaan melalui proses blok malam pada backgroundnya sehingga berwarna putih. Motif carica merupakan bentuk motif naturalis menyerupai bentuk asli adalah motif daun seperti pepaya dengan enam tulang.

Pada Batik Blok Carica ada perubahan pada bentuk motif carica. Pada motif dasar, carica digambarkan lengkap dengan tangkainya. Pada Batik Blok Carica, unsur garis yang merupakan gambaran tangkai pada motif dihilangkan, jadi motif carica pada Batik Blok Carica tidak ada tangkainya. Ukuran motif carica tidak ada perubahan, yaitu sesuai motif dasar dengan panjang 8 cm dan tinggi 7 cm.

 

Motif buah merupakan motif yang ide dasarnya dari bentuk buah carica. Motif buah juga bersifat naturalis dan meniru bentuk asli buah carica. Bentuk motif buah yang diterapkan pada Batik Blok Carica ada perubahan dari bentuk motif dasarnya, ada penghilangan unsur garis yang membentuk tangkai buah. Ukuran motif sama dengan motif dasar yaitu dengan tinggi 4 cm dan panjang 3 cm.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...