Motif Batik Bledug Wong Saliman

0 29

Motif Batik Bledug Wong Saliman

Batik Sleman motif Bledug Wong Saliman ini juga hasil karya dari Bambang Sumardiyono selaku pemilik Industri Batik Nakula Sadewa. Sebagai pengrajin batik Bambang harus memiliki kreatifitas dalam menciptakan motif batiknya, menurut Bambang motif batik saat ini terus berkembang dan memiliki keanekaragaman motif, penciptaan motif dapat dilatarbelakangi oleh apa saja baik itu sejarah, imajinasi maupun benda-benda yang ada di sekeliling penciptanya.

Batik Bledug Wong Saliman ini merupakan motif batik yang tercipta berdarkan gabungan dari sejarah dan imajinasi penciptanya. Bambang dalam menciptakan batik motif ini dengan membayangkan keadaan Kabupaten Sleman dahulu yang terdapat hutan gajah dan dihuni oleh manusia. Bisa dibayangkan jika ada binatang cerdas seperti gajah dan disitu terdapat peradapan manusia maka binatang tersebut pastinya akan dimanfaatkan oleh manusia tersebut baik pemanfaatan secara konsumsi maupun dengan dipekerjakan untuk membantu pekerjaan manusia. Dalam hal ini kemungkinan penciptanya membayangkan gajah yang dipelihara oleh manusia dan digunakan untuk membantu pekerjaan yang mungkin terlalu berat atau tidak mampu dikerjakan oleh manusia.

Jika dilihat secara visual Batik Motif Bledug Wong Saliman memiliki motif utama yaitu binatang gajah serta ditambah dengan motif pelengkap antara lain figur manusia, burung merpati, dan bunga. Motif-motif tersebut bentuknya terkesan lues tidak terlihat kaku penempatan motif juga secara acak, motif-motif pelengkap sengaja diletakkan pada bagian-bagian yang kosong supaya dapat terlihat bagus secara keseluruhan.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...