Motif Batik Blebak Duri

0 236

Motif Batik Blebak Duri

Motif Batik Blebak Duri termasuk dalam ragam motif tumbuh-tumbuhan yang sederhana. Padu-padan motif terinspirasi dari daerah sekitar yang banyak ditumbuhi pohon berduri yang konon tumbuhan druju. Unsur perpaduan motif dan ragam hias sangat semacam motif burung dan jika diperhatikan muncul bentuk ekor serta kedua sayap yang dikepakkan, namun tidak ditampakkan kepala burung. Isian Motif Blebak Duri adalah cecek, cecek telu, mata deruk, brancah/cacah gori, dan berbagai jenis tabur. Motif utamanya adalah bentuk daun-daunan yang ujungnya meruncing mirip seperti gambar daun berduri.

Kesatuan motif kurang tampak, karena tiap motif terpisah. Kesatuan ditemukan dari latar blebak dan warna yang sama. Kontras tampak pada bentuk sayap burung yang sedikit menonjol karena ukurannya yang paling besar dari ukuran motif lainnya. Meski terdapat kontras pada salah satu bentuk motif sayap, namun secara keseluruhan batik terlihat seimbang/balance dengan diulangnya bentuk sayap pada beberapa permukaan dan banyaknya motif lain disekeliling motif sayap tersebut. Motif mempunyai irama mengarah mengelilingi beberapa Motif Sayap yang diletakkan seimbang dan seakan terpusat pada motif tersebut. Motif ini termasuk kelompok Motif Semen berlatar putih. Motif semen merupakan simbolisasi dari seorang pemimpin yang ideal, bisa juga menjadi simbolisasi pasangan yang baik dan setia kepada pasangannya.

Motif ini juga cocok apabila digunakan oleh para ibu rumah tangga, termasuk di daerah. Namun Motif Blebak Duri ini juga disukai para laki-laki sehingga dibuat dalam bentuk sarung. Warna batik ini dominan warna putih, selain sebagai latar warna putih juga menghias bagian motif daun dan sayap. Warna soga selalu mengitari warna biru hal ini yang membuat warna batik menjadi lebih gelap. Batik blebak duri ini lebih banyak dipakai seorang laki-laki baik tua maupun muda. Motif ini termasuk motif yang sederhana, namun mempunyai ciri khas yang kuat. Motif ini banyak digunakan pada waktu malam hari dengan berbagai kegiatan disekitar rumah, selain warnanya lebih cerah kegiatan malam hari sedikit sekali yang bersentuhan dengan noda dan kotor.

Source http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/79129/jurnal%20bakaran_Soekma.pdf?sequence=1
Comments
Loading...