Motif Batik Belanda Si Kerudung Merah

0 47

Motif Batik Belanda Si Kerudung Merah

Batik Belanda mudah dikenali motif dengan ciri khas Eropa. Batik Belanda terlihat menampilkan fragmen gambar dongeng Eropa seperti Si Kerudung Merah, Putri Salju, Hanzel dan Gretel. Selain itu, dijumpai rangkaian aneka bunga, burung bangau atau angsa, kupu-kupu, pesawat terbang, prajurit memanggul senjata dan sebagainya.

Keunikan lain terlihat motif wayang beber pada Batik Belanda. Batik ini dibuat di pembatikan Carolina Maria Meyer de Batts sekitar 1870-1880.  Batik bermotif cerita wayang ini terilhami kisah Kakawinan Arjuna Wiwaha, karya Mpu Kanwa sekitar tahun 1030, masa pemerintahan Raja Airlangga, di Jawa Timur.

Pengeloal Rumah Iwan Tirta, yang juga desainer, Era Soekamto, mengatakan selain tokoh-tokoh wayang lengkap dengan gunungannya, pada kain ini terlihat tumbuhan seperti manggis, burung hong, kalajengking, kaki seribu, capung, laba-laba, cecak, kelelawar dan kupu-kupu dengan ukuran tidak proporsional dibandingkan ukuran manusia dan dewa di kain tersebut. Motif batik Belanda ini terlihat saat pameran Batik Pesisir koleksi Hartono Sumarsono beberapa waktu lalu.

“Warna-warna  dalam batik Belanda, umumnya cerah dan lembut, misalnya pink, biru muda sesuai selera masyarakat Eropa. Carolina Josephina von Franquemont dikenal dengan penemuan warna hijau dari zat warna nabati tahan luntur, dan disebut hijau franquemont,” jelas Era pada Netralnews,

Source http://www.netralnews.com http://www.netralnews.com/news/gayahidup/read/105565/inilah-motif-batik-belandai-si-kerudung-merahi-
Comments
Loading...