Motif Batik Bekasi Tengah Dirumuskan

0 28

Motif Batik Bekasi Tengah Dirumuskan

Ketika Batik Indonesia sudah ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sebagai warisan budaya, seni kerajinan berbahan tekstil ini mulai mendapat perhatian dunia. Seni batik dari Jawa Barat yang telah dikenal berasal dari Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Cirebon, dan Indramayu.  Daerah lain seperti Bekasi, mulai giat mengembangkan dan menggarap batik sebagai salah satu kekuatan baru dalam bidang seni, budaya, identitas bangsa serta kesejahteraan ekonomi bangsa. Demikian pandangan yang disampaikan Ketua Yayasan Batik Jawa Barat, Saftiyaningsih Ken Atik dalam Lokakarya Motif Batik Khas Bekasi di Kampus Unisma Bekasi, baru-baru ini. Ken Atik berharap, nantinya Bekasi mampu menunjukkan identitas batik yang menjadi ciri khas budaya. Sementara itu, Koordinator Lokakarya Andi Sopandi mengatakan, saat ini sudah banyak bermunculan batik kontemporer asal Bekasi di pasaran.

Bekasi juga mempunyai batik dengan ciri khas sesuai dengan karakter budaya. “Namun, kita masih melakukan identifikasi batik yang menjadi ciri khas Bekasi. Nantinya, akan kita sepakati motif batik yang menjadi ciri khas Bekasi. Seperti di daerah lain yang sudah mempunyai ciri-ciri dan motif batik asal daerah masing-masing,” imbuh Andi. Agar tidak sejenis atau seragam dengan motif batik dari daerah lain, sambung Andi, saat ini pihaknya sedang meminta masukan dari masyarakat melalui lomba desain Motif Batik Bekasi. Lomba ini bekerja sama dengan Disporbudpar Kota Bekasi dengan pihak terkait serta didukung penuh oleh pemerintah daerah Kota Bekasi. Hadir juga sebagai pembicara dalam lokakarya tersebut antara lain budayawan Ridwan Saidi dan Kepala Museum Tekstil Jakarta Indra Riawan. Batik Bekasi akan menjadi identitas dan budaya Bekasi, apalagi pemerintah daerah sudah mendukung sepenuhnya.

Salah satu perajin batik Bekasi, Ernawati mengatakan motif wayang, nelayan, pertanian juga menjadi usulan sebagai ciri khas motif batik Bekasi nantinya. Saat ini sudah banyak beredar batik Bekasi yang bermotif wayang, kegiatan pertanian, nelayan. Secara spesifik Motif Batik Bekasi masih dalam wacana untuk dikembangkan menjadi batik Bekasi seperti sejarah dan budaya yang berkembang di daerah Jatiasih, Rawa Tembaga, dan daerah lainnya yang punya sejarah panjang. Saat ini Batik Bekasi yang beredar masih secara umum belum spesifik, motifnya masik seputar flora fauna, rawa atau sawah, tarian kesenian asli Bekasi. Desain tradisional untuk motif batik Bekasi, misalnya motif flora-fauna kemudian dimodifikasi dengan karakter budaya Bekasi seperti tari topeng, barong, lenong dan juga kegiatan masyarakat pertanian yang masih banyak dijumpai di Bekasi.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/fashion/59648-motif-batik-bekasi-tengah-dirumuskan.html
Comments
Loading...