Motif Batik Batang

0 407

Motif Batik Batang

Keberagaman bentuk alam dan wilayah Kota Batang menjadikan wilayah kota ini dan masyarakatnya memiliki ragam budaya yang sangat banyak. Budaya masyarakat Kota Batang sangat beragam dapat dilihat pada berbagai jenis motif batik yang menjadi ciri khas kota ini. Motif batik dari kota ini memiliki bentuk motif yang sangat bervariasi. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada sekitar tahun 2010 menyebutkan Batik Batang merupakan batik yang dapat di golong kan dalam dua jenis gaya. Motif Batik Batik Keratonan dan juga motif batik yang menggunakan pola Batik Pesisir.

Motif Baju Batik Batang yang menggunakan pola Batik Keratonan pada umumnya mendapat pengaruh dari kebudayaan masyarakat jawa dan juga Hindu. Sementara itu untuk motif baju batik yang menggunakan gaya pesisiran pada umumnya mendapatkan pengaruh dari budaya bangsa asing seperti Cina dan juga Belanda. Batik Batang dengan gaya khas keraton di kenal juga dengan sebutan Batik Batang Jawa, selain itu ada juga yang menyebut dengan nama Batik Vorstenlanden, atau ada juga sebutan Batik Batang Pedalaman. Budaya Hindu dan juga budha India ini sangat terlihat jelas pada motif batik batang keraton ini. Menurut bapak Eman Tri Warsono, Batik Batang dengan pola ketan ini juga kerap disebut sebagai Batik Batangan.

 Corak warna yang terdapat pada Batik Batang Keraton banyak yang menggunakan pola warna sogan irengan dengan pola batik yang berbentuk geometris atau campuran pola geometris yang menggunakan tema bebas. Motif Batik Keraton yang banyak memberikan pengaruh pada batik batang diantaranya adalah Motif Batik Udan Liris, Motif Batik Romo Ukel, Motif Batik Parang dan masih banyak lainnya. Pola batik batang lokasi pada umumnya adalah Motif Batik Manggaran, Motif Batik Kembang Cepoko, Motif Batik Gemek Setekem dan masih banyak lagi lainnya.

Source https://tomattoesbatik.jimdo.com/ https://tomattoesbatik.jimdo.com/2016/04/02/motif-batik-batang/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...