Motif Batik Bandung

0 93

Motif Batik Bandung

Bagi masyarakat yang menyukai seni batik, daerah di Bandung juga memiliki pusat pembuatan baju batik mereka sendiri. Motif Batik Bandung ini cukup unik dan membuat batik mereka berbeda dengan seni batik dari kota lain. Seni batik di kota ini dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yang merupakan asal dari batik tersebut dibuat, yaitu seni batik Kota Bandung, seni batik Kabupaten Bandung dan juga seni batik kabupaten Bandung Barat. Batik di daerah Bandung ini sebenarnya telah memiliki umur yang cukup lama, dan salah satu lokasi yang menjadi tempat awal perkembangan batik di daerah ini terletak di daerah pinggir sungai Cikapundung.

Batik yang di daerah Bandung telah ada bahkan sebelum masa Indonesia merdeka. Namun lokasi tersebut telah hilang berbagai jejak seni batik nya. Saat ini motif batik dari Bandung yang berkembang adalah kesenian dan juga motif baju batik yang lebih ke arah seni batik kontemporer dan juga seni batik modern. Seni batik di daerah ini cukup banyak memiliki ragam motif karena Bandung adalah kota nya para seniman yang kreatif. Selain membuat berbagai macam motif baju batik kontemporer dan juga batik modern, para pembuat baju batik juga masih ada yang membuat motif batik kedaerahan. Batik Bandung ini beberapa diantaranya berkembang di daerah Cigadung yang merupakan daerah yang berada di daerah Taman Makam Pahlawan Cikutra. Selain itu perkembangan batik di daerah ini cukup mendapatkan dukungan dari beberapa tokoh masyarakat yang ikut serta dalam pengembangan Motif Batik Jawa Barat.

Beberapa motif batik dari Bandung ini ada yang memiliki motif yang berhubungan dengan zaman kerajaan di Bandung yaitu salah satunya adalah dari zaman kerajaan Pajajaran. Motif batik di daerah ini konon telah berusia sangat lama dan hal ini tertulis pada naskah kuno yang ada yaitu Siksa Kanda Ing Karesian. Dalam naskah tersebut telah dikenal berbagai macam motif batik. Beberapa motif batik tersebut diantaranya adalah Motif Batik Ragen Penganten, Motif Batik Kampuh Jayati dan masih banyak lagi motif baju batik lainnya.

Source http://biboll.blogspot.co.id/ http://biboll.blogspot.co.id/2016/01/motif-batik-bandung.html http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...