Motif Batik Bali Yang Kian Inovatif

0 48

Motif Batik Bali Yang Kian Inovatif

Sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kebudayaannya tetap lestari, Bali juga memiliki motif batik sendiri. Batik cap galuh merupakan batik khas Bali yang menjadi pioner perkembangan batik Bali. Dahulu batik bali hanya dikenakan ketika upacara adat maupun ketika ritual keagamaan. Kain batik ini pun disematkan sebagai udeng atau ikat kepala. Motif batik Bali ini pun cukup standar, Namun sejak tahun 1976, Bapak Pande Ketut Krishna yang merupakan pemilik dari Batik Cap Galuh mulai mengkomersialkan batik motif Bali. Bersama lima orang saudaranya ia mulai memproduksi batik dengan hanya menggunakan alat tenun bukan mesin. Motif yang digunakan juga masih sama dengan batik yang dikenakan dalam upacara adat, misalnya kamboja, barong, kembang sepatu, burung, ikan, dan beraneka tumbuhan maupun hewan lainnya.

Batik seolah tak bisa lepas dari jati diri rakyat Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki batiknya sendiri. Dan dengan adanya hari batik nasional, kini semua orang Indonesia bisa berbangga hati memakai batik. Jika selama ini batik hanya dikenakan kala acara-acara formal maupun sebagai seragam lembaga, kini batik bisa dikenakan di berbagai kesempatan. Mau acara resmi, semi formal, maupun sekedar jalan-jalan, batik tetep kece dipakai. Mau orang tua, anak-anak, remaja, semuanya keren mengenakan batik. Apalagi kini motif batik tak hanya dikenakan pada pakaian. Sandal, sepatu, tas, aksesoris, hingga wallpaper rumah pun memiliki motif batik, yang membuat batik makin dicintai dan ada dimana-mana.

Seiring dengan kerja keras yang dilakukan oleh Bapak Pande Ketut Krishna pun kian sukses. Hingga pada akhirnya mendorong warga Bali lainnya untuk turut mengembangkan batik sebagai industri. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang pada akhirnya turut ambil bagian dalam industri batik tersebut. Para pengerajin batik saling berinovasi mengenai motif pada batik-batik mereka. Yang sebelumnya hanya seputar tumbuhan dan binatang, bertambah dengan motif abstrak seperti awan, candi, hingga wayang. Selanjutnya berkembang kembali hingga adanya motif corak lukisan maupun desain bangunan. Dan batik Bali pada masa kini memasuki masa kontemporer dimana motif batik tradisional dipadukan dengan motif-motif modern. Bahkan ada pula motif batik Bali yang dipadukan dengan motif batik dari daerah lain. Yang paling banyak dipadukan dengan motif pada masa sanksekerta dan wayang Jawa.

Keunikan lain dari motif Bali saat ini adalah motifnya yang begitu terbuka dengan kondisi sosial masyarakat saat ini. Bahkan untuk menarik wisatawan mancanegara terhadap batik, para pengerajin batik di Bali memadukan motif batik Bali dengan motif ikon negara tertentu. Misalnya saja ada motif menara eifel, tembok Cina, hingga sejumlah bunga-bunga khas luar negeri. Inovasi yang dilakukan para pengerajin ini tentunya membutuhkan modal yang besar. Namun semuanya berbuah manis karena batik Bali kini begitu diminati, termasuk oleh para wisatawan mancanegara. Apalagi aroma khas Balinya begitu melekat pada batik-batik tersebut. Karena para pengerajin menggunakan rempah-rempah dengan aroma tertentu dalam bahan pembuatan batik mereka. 

 

Source http://www.anythingbali.com/ http://www.anythingbali.com/motif-batik-bali-yang-kian-inovatif/
Comments
Loading...