Motif Batik Bali Singa Barong

0 5.483

Motif Batik Bali Singa Barong

Seni Batik di Pulau Bali bisa dibilang muda karena masih baru dikembangkan. Tetapi semakin hari terlihat sebuah perkembangan yang cukup signifikan terutama pada industri batik Bali. Pulau Bali sangat kental akan budaya sehingga sangat mudah untuk membuat motif batik terutama motif lokal dari Bali. Biasanya motif Batik ini digunakan juga dalam proses upacara adat Bali.

Mutu dari batik Bali juga sangat tinggi yang merupakan pencampuran dari bahan pewarna alam dan pembuatan orisinil langsung dengan tangan orang-orang pengrajin Bali. Motif Batik Bali memakai kain mori yang berbeda dengan motif batik dari daerah lainnya. Batik Bali asli berbeda dengan yang lainnya adalah aroma yang khas yang dimilikinya. Aroma ini berasal dari bahan-bahan pewarna alami, seperti kulit kayu dan bahan yang lainnya. Bobot dari kain batik ini terasa lebih berat daripada kain batik yang lain. Dengan dipadukan desain motif Batik Bali yang khas tersebut membuat harga Batik Bali menjadi cukup mahal dan bersaing.

Makna Batik Bali Singa Barong

Makna motif batik singa barong berdasarkan nama dan sejarahnya dimana singa barong merupakan sejenis binatang mitologis atau ajaib karena dalam budaya jawa maupun bali kata “barong” memiliki arti ajaib. Keajaiban wujud singa tersebut dapat kita lihat dari berbagai unsur yang merupakan penggabungan antara singa atau macan (tubuh, kaki, mata), garuda (bersayap), gajah (berbelalai), dan naga (mulut menyeringai dengan lidah yang menjulur). Istilah dari kata barong banyak terdapat pada kesenian di Jawa dan kesenian Bali, mempunyai makna “ajaib”, dimana seekor binatang yang tidak nyata ditemukan dalam realitas kehidupan. Dalam hal ini Singa Barong terbentuk dari penggabungan keempat jenis binatang yang berdasar pada makna kekuatan atau keperkasaan. Hal ini dipertegas dengan belalai yang melingkarkan belalainya ke atas keningnya dengan “memegang” senjata trisula (3 mata-tombak, terdapat di kedua bagian ujung depan dan belakang), yang menambahkan ekspresi atas kekuatan dan pengaruhnya.

 

 

Source Motif Batik Bali Singa Barong Batik Bali
Comments
Loading...