infobatik.id

Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai

0 43

Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai

Batik Bali adalah salah satu gambaran dari kebebasan berekspresi dalam karya seni. Coraknya tak dibatasi oleh peraturan apapun, seperti keratonan atau batik daerah kebanyakan. Setiap pengrajin bebas menuangkan kreatifitas miliknya di atas kain.

Corak yang dihasilkan sering memiliki kesan abstrak dan susah difahami. Namun disisi lain, hal ini juga merupakan daya tarik utama dari kekhasan corak Bali. Industri batik bali di Pulau Dewata dimulai sekitar tahun 1970an.

Pelopornya antara lain ialah Pande Ketut Krisna dari Banjar Tegeha, Desa Batubulan, Sukawati Gianyar, Bali. Mulanya, beliau mulai mengenalkan teknik membatik dengan metode cap manual. Dengan alat tenun yang digunakan pun masih menggunakan tenaga manusia. Hingga kemudian seiring berjalannya waktu, metode pembuatan kain berkembang menjadi teknik tulis.

Bali juga memiliki berbagai macam ragam motif batik. Jika di kota lain corak dibedakan berdasarkan dimana lokasi pembuatannya, maka corak Bali hanya perlu dilihat dari siapa pengrajinnya. Salah satunya Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai.

Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai menggambarkan keindahan burung Merak sebagai poros corak utama pada kain dan disertai kelopak menyerupai bunga sakura. Merak Abyorhokokai dipengaruhi oleh kebudayaan Jepang. Merak Abyorhokokai juga mampu menginterpretasikan bagaimana keindahan Pulau Dewata dengan merak sebagai simbol utama.

Source https://qlapa.com/ https://qlapa.com/blog/sejarah-batik-bali
Comments
Loading...