Motif Batik Bali Buketan

0 1.002

Bali memiliki keindahan alam yang mempesona dijadikan inspirasi dalam pembuatan batik. Sejarah batik Bali berawal sejak tahun 1970-an yang dipelopori oleh Pande Ketut Krisna yang berasal dari Banjar Tegeha, Desa Batubalan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

Seni Batik di Pulau Bali bisa dibilang muda karena masih baru dikembangkan. Tetapi semakin hari terlihat sebuah perkembangan yang cukup signifikan terutama pada industri batik Bali. Pulau Bali sangat kental akan budaya sehingga sangat mudah untuk membuat motif batik terutama motif lokal dari Bali. Biasanya motif Batik ini digunakan juga dalam proses upacara adat Bali.

Belum lagi pulau Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling diminati membuat masyarakatnya lebih cepat berpikir kreatif untuk menarik para wisatawan terutama dalam hal budaya Batik ini.

Mutu dari batik Bali juga sangat tinggi yang merupakan pencampuran dari bahan pewarna alam dan pembuatan orisinil langsung dengan tangan orang-orang pengrajin Bali. Dengan dipadukan desain motif Batik Bali yang khas tersebut membuat harga Batik Bali menjadi cukup mahal dan bersaing. Salah satu motif batik Bali adalah Motif Batik Bali Buketan.

Motif Batik Bali Buketan

Buketan berarti seikat bunga dan nama ini diambil dari bahasa Perancis. Motif batik ini sebenarnya sudah lama diproduksi di Indonesia, yaitu pada tahun 1880 oleh seorang pengusaha batik yang mempunyai darah Belanda bernama Cristina Van Zuylen.

Motif batik Bali Buketan ini mempunyai motif berupa tanaman bunga atau tumbuhan-tumbuhan kecil yang tersusun sepanjang lebar kain dengan hiasan tambahan berupa kupu-kupu, burung hong, burung bangau, dan juga selulur yang menambah nilai artistic dari motif batik tersebut.

Source Motif Batik Bali Buketan Batikkenian
Comments
Loading...