Batik Bale Lumbung Khas Lombok

0 499

Sejarah Batik di NTB

Sosial budaya masyarakat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak bisa dilepaskan  dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyak hal yang serupa dari kedua provinsi ini termasuk tentang kain khasnya. Nusa Tenggara Barat resmi melepaskan diri dari NTT dan mendapatkan status sebagai provinsi sebagaimana adanya sekarang, sejak tahun 1958, berawal ditetapkannya Undang-undang Nomor 64 Tahun 1958 tanggal 14 Agustus 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Swatantra Tingkat I Bali, NTB dan NTT.

Saat kerajaan Majapahit melakukan ekspedisi di kerajaan Selaparang di wilayah Nusa Tenggara, salah satu budaya yang ditinggalkan adalah kegiatan membatik. Namun dalam perkembangannya batik tidak mengalami perkembangan yang bagus dikarenakan masyarakat NTB lebih menyukai dan berupaya untuk membuat kain tenun. Bentuk dari hasil budaya batik ini bisa kita lihat pada kain penutup kepala khas lelaki NTB yang di sebut capuq semacam ikat kepala. Belakangan karena sedikitnya tempat membuat batik di NTB , kain yang digunakan sebagai bahan capug itu didatangkan dari daerah lain.

Batik sudah menjadi warisan budaya nusantara. Bahkan dunia pun telah mengakui batik merupakan milik Indonesia. Setiap daerah yang memiliki batik sebagai kerajinan tradisional yang sudah melekat. Tak hanya di Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pun memiliki batik sebagai kerajinan tangan yang indah. Beberapa motif batik di Lombok memliki kandungan nilai sejarah, seni, dan filosofi yang sangat tinggi. Ratusan motif tersebut merupakan hasil yang dikombinasikan dari motif-motif yang berhubungan dengan tradisi sehari-sehari masyarakat NTB, seperti contoh motif Batik Bale Lumbung.

Motif Batik Bale Lumbung 

Bale Lumbung adalah sebuah tempat yang digunakan para penduduk setempat untuk menyimpan padi hasil panen. Sebuah Bale Lumbung dapat menampung padi hasil panen yang diperoleh 4 sampai 6 orang penduduk setempat.

Bale lumbung ini merupakan lambang dari kesejahteraan dan kecukupan masyarakat sasak pada zaman dahulu, pada zaman dahulu lombok pernah menjadi lumbung nasional untuk mencukupi kebutuhan pangan daerah lain di indonesia

Oleh masyarakat yang berada di Desa Sembalun, Lombok Timur menjadikan motif ini sebagai motif khas di Desa Sembalun karena Bale Lumbung merupakan rumah adat.

Source Batik Bale Lumbung Batik Lombok
Comments
Loading...