Motif Batik Bahasa Simbol

0 50

Motif Batik Bahasa Simbol

Pada sebuah busana batik adanya motif motif simbol yang mempunyai pesan dalam tersampaikan pada lewat lisan kini busana sering kali mempunyai makna yang dapat interpretasi dengan panca indra. busana kain batik sohor akan mendapatkan suatu simbol motif batik yang mempunyai sejak dulu bukan sekedar dapatkan sebagai busana , tapi mempunyai makna terntu di balik itu semua. kata salah satu pakar batik berkata batik itu merupakan bahasa gambar. contohnya, pria berpakaian batik dengan Motif batik Satrio Manah yang mempunyai makna motif batik yaitu dalam lamarannya dapat diterima dari pihak calon pengantin wanita yang memiliki serta keluarganya.

Dengan proses lamaran itu jika menerima pada pengantin wanita , biasanya pengantin wanita mengunakan batik motif semen rante yang artinya Rantai Sendiri menyiratkan dalam ikalatan yang kokoh yang jadikan harapan bila lamarannya diterima , pengantin wanita inginkan ikatan yang kuat. ini aan menunjukan bahwa batik ini dalam bahasa simbol yang disampaikan yang tidak secara lisan. karena tidak semua motif yang dikenakan dalam acara apalagi pada jaman yang lalu.

MOTIF BATIK BAHASA SIMBOL MOTIF PARANG

Motif Parang ini sering disebut bukan parang asli tapi kombinasi dengan motif lain contohnya fauna dan flora. tapi parang barong ini mempunyai makna dalam pempinan dalam kewibawaan. adalagi Motif Batik Tirto Tejo ternyata memiliki makna kerja , kerja dan kapal yang mempunyai semangat dalam tujuan yang sama.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/motif-batik-bahasa-simbol
Comments
Loading...