Motif Batik Alas-alasan

0 544

Motif Batik Alas-alasan

Motif Batik Alas-alasan digunakan untuk sebuah ritual  upacara-upacara agung, pengantin agung, dan tari Bedhaya. Alas-alasan  berarti  hutan,  karena  itulah  segala  sesuatunya  (hewan dan  tumbuh-tumbuhan) ada dalam motif ini  seperti  hewan-hewan  dan tumbuh-tumbuhan. Motif Alas-alasan sangat dominan dengan ornamen hewannya  seperti stilasi laut, awan, dan hewan-hewan Kain batik tulis alus dengan Motif Alas-alasan ditampilkan dalam komposisi yang terkesan ramai dengan gaya bebas namun masih mengacu ke unsur alam. Bentuk-bentuk stilasi  alam masih  tampak  jelas dalam  bentuk  yang  sebenarnya,  seperti jago dengan ayam betina, kupu dengan kumbang, harimau dengan kuda, dan  sebagainya.

Motif Alas-alasan menekankan pada objek binatang, sehinggga stilasi bentuk yang ditampilkan banyak mengarah ke  unsur  binatang  dengan  penempatan  yang  ditata rapi ke arah  vertikal  maupun horinsontal dengan jarak yang sama. Untuk memberi kesan tidak monoton dalam penempatan, maka peran tumbuh-tumbuhan sangat dibutuhkan sebagai pengisi ruang kosong dan sebagai penguhubung pada tiap-tiap bentuk  binatang. Selain itu dari segi visual motif kain batik alas-alasan mempunyai keindahan yang luar biasa karena memasukkan unsur-unsur alam dengan objek hutan seisinya yang dibuat secara spontan seakan mengingatkan kita pada lukisan primitif dengan segala kemegahan. Motif Alas-alasan menggambarkan  keadaan  hutan  atau  alam  seisinya  yang  melambangkan keadaan  Alam  yang  baik dan  yang  buruk. Namun Alas-alasan berarti hewan yang dianggap sebagai lambang kesuburan dan kemakmuran.

Bila diperhatikan secara teliti lebih mendalam pada Motif Alas-alasan tampak adanya hewan yang merusak tanaman atau memangsa hewan  lain  seperti  serangga  dan  macan,  dan  hewan  yang  tidak merusak tanaman  seperti  kupu-kupu,  ular,  dan  sebagainya. Umumnya Motif Batik Alas-alasan bermotif Burung, Kura-Kura, Kelabang, Katak, Serangga, Kepiting, Merak, dan sebagainya.  Berbagai sifat  hewan tersebut mengartikan adanya kehidupan di alam ini. Manusia yang hidup untuk menuju kemakmuran dan ketenteraman seringkali mendapat berbagai halangan dan rintangan. Jenis  batik  ini sering  digunakan  oleh Raja  untuk  upacara-upacara agung, pengantin agung, dan tari Bedhaya.

Source http://akucintanusantaraku.blogspot.co.id/ http://akucintanusantaraku.blogspot.co.id/2014/01/kebermaknaan-batik-kraton-motif-batik.html
Comments
Loading...