Motif Batik Abstrak Carica

0 253

Motif Batik Abstrak Carica

Batik Abstrak Carica merupakan batik cap pertama yang dibuat oleh Carica Lestari. Batik ini diberi nama Batik Abstrak Carica karena untuk background diberi variasi dan kesan tekstur garis yang tidak beraturan (abstrak). Pola pikir dari Kelompok Carica Lestari bahwa yang dimaksud abstrak adalah batik dengan background yang diberi kesan retakan karena parafin. Pengertian abstrak bukan pada motifnya tetapi pada tekstur background batik.

Kesan tekstur dihasilkan karena adanya pengaruh dari parafin yang digunakan untuk menutup warna. Garis hasil dari retakan parafin berupa garis yang tidak beraturan sehingga dianggap abstrak oleh Carica Lestari walaupun motifnya bentuknya beraturan dan naturalis. Motif Carica merupakan motif batik yang diciptakan sendiri oleh Carica Lestari dan merupakan motif andalan yaitu dari bentuk daun tanaman carica. Bentuk motifnya naturalis menyerupai bentuk asli yaitu bentuk daun seperti daun pepaya dengan enam tulang daun dan kemudian diberi tangkai.

Pada Batik Abstrak Carica bentuk motif carica tidak ada perubahan seperti bentuk dasar motif carica. Motif buah merupakan motif yang terbentuk dari bentuk buah carica. Bentuk buah carica bersekat seperti buah belimbing tetapi bentuk umumnya tetap seperti buah pepaya tetapi bentuknya lebih kecil. Motif ini juga bersifat naturalis dan meniru bentuk asli buah carica. Bentuk motif buah yang diterapkan pada Batik Abstrak Carica tidak ada perubahan dari bentuk dasar motif buah.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...