Motif Baru Batik Sasirangan Khas Kalimantan Selatan

0 1.113

Motif Baru Batik Sasirangan Khas Kalimantan Selatan

Motif Baru Batik Sasirangan khas Kalimantan Selatan yaitu Sasirangan banyak tercipta diajang lomba Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin yang digelar di Rumah Anno 1925 di Jalan Piare Tendean. Ibu Hj. Siti Wasilah selaku Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah saat acara lomba berlangsung mengatakan setidaknya ada 21 nominasi pengrajin kain Batik Sasirangan dengan aneka motif baru hasil kreatifitas yang pihaknya nilai sangat bagus pada lomba desain dan Motif Sasirangan 2017 ini.

Pada ajang lomba ini, dipilih karya yang memenuhi tujuh kreteria, diantaranya menonjolkan kearifan lokal budaya, kreatifitas motif, warna hingga kerumitan pekerjaan. Motif terbaik pada ajang Dekranasda untuk lomba desain dan motif sasirangan 2017 ini dipilih gambar tumbuhan liar “kalakai”. Gambar tumbuhan yang hanya ada di daerah Kalimantan Selatan ini sangat baik dilukiskan dengan paduan warna hijau muda bercampur dengan warna cream pastel.

Motifnya ini jarang ditemukan, dan warnanya juga mewakili warna trend saat ini yang suka warna lembut. Dengan diadakan lomba ini berharap Dekranasda bisa mendorong lagi kreatifitas pengrajin sasirangan, sehingga perkembangan kain batik sasirangan ini akan lebih luas yang berimbas bagi meningkatnya perekonomian daerah. Harapannya, dengan ini kain sasirangan ini juga dapat mendorng kesejahteraan pengrajin, penjual dan desain sasriangan juga semakin meningkat,” tuturnya.

Sementara, Ibu Nonoi sebagai pengrajin juara pertama desain dan motif kain sasirangan ini mengaku sengaja mengambil motif desain kain dengan judul tanaman kelakai ini karena jarang ditampilkan, terbukti inspirasinya ini dinobatkan sabagai yang terbaik. Banyaknya kreatifitas yang tercipta pada ajang lomba ini membuat pengrajin dan desainer kain sasirangan Wilman Surya juga mengatakan kekagumannya.

Motif Tumbuhan Kalakai yang telah dipilih menjadi juara satu menunjukan bukti kearifan lokal berbentuk tumbuh-tumbuhan sangat baik dikembangkan, juga terlihat indah dan unik. Memang para pengrajin harus terus bisa mengembangkan imajinasinya untuk mengkaryakan motif sasirangan yang bagus dan unik, ini bisa maju di pasaran.

Source Motif Baru Batik Sasirangan Khas Kalimantan Selatan Batik
Comments
Loading...