Motif Ayam Jago Menular Ke Kain Batik

0 6

Motif Ayam Jago Menular Ke Kain Batik

Bagi penggemar bakso dan mi ayam ala gerobakan, pasti sudah sangat familiar dengan mangkuk ayam jago. Mangkuk bergambar ayam jago tersebut sangat lekat dengan para pedagang kaki lima. Dan identik dengan kuliner gerobakan, terutama makanan berkuah.

Namun, siapa sangka jika gambar ayam jago pada mangkuk yang sederhana itu, kini jadi tren untuk motif pada kain batik. Maklum, banyak ibu-ibu yang ingin mengoleksi perkakas makan dengan gambar ayam jago dan menginspirasi pembatik untuk menciptakan motif serupa pada kain batiknya.

Beberapa bulan belakangan, kain batik bermotif ayam nampak seliweran di media sosial, terutama Instagram. Mulai banyak produk fashion berbahan dasar kain batik yang menggunakan motif ayam tersebut.  Kain batik motif ayam ini lagi banyak dicari dan memang sedang tren, apalagi di kalangan anak muda.

Sebenarnya motif ayam di kain batik ini keluar sudah lama, sejak tahun 2015. Dikeluarkan oleh salah satu brand batik terkenal, Sejauh Mata Memandang. Rumah Batik 89 menjual kain batik motif ayam berukuran 2,1 x 1,1 meter yang dibanderol mulai Rp 98.000-Rp 110.000. Ada sekitar 20 jenis kain batik dengan desain motif ayam milik Rumah Batik 89. Motif ayam tersebut dipadukan dengan motif batik lainnya.

Destrina tak hanya menjual kain batik bermotif ayam, ia juga menyediakan pasangan untuk kain batik motif ayam. Sehingga bisa dipadukan menjadi satu set atasan dan bawahan. Biasanya yang batik motif ayam digunakan untuk bawahan dan atasannya saya beri pilihan kain batik embos. Yang atasan biasanya hanya satu warna.

Satu set kain batik motif ayam tersebut dibanderol Rp 158.000-Rp 180.000 per set. Destri mengatakan, kain batik motif ayam ini menjadi best seller Rumah Batik 89 sejak bulan Agustus. Dalam sebulan, rata-rata ia bisa menjual 150-200 kain batik motif ayam.

Munculnya tren batik motif ayam ini juga menginspirasi Nine Eleginia, pemilik Batik Eleginia asal Solo mengeluarkan beberapa produk untuk batik motif ayam. Nine mengatakan batik motif ayam selalu habis diburu oleh konsumen dalam waktu singkat.

Batik Eleginia menawarkan batik motif ayam dalam bentuk atasan, celana kulot, rok, sampai dress yang dibanderol Rp 200.000 sampai Rp 300.000 per helai. Nine mengatakan, produk yang paling laris adalah produk atasan dan dress.

Konsumen batik motif ayam milik Batik Eleginia pun berasal dari berbagai daerah, seperti Solo, Yogyakarta, Surabaya, Jabodetabek sampai Sumatra dan Kalimantan. Dalam sebulan, Nine mengaku bisa menjual 50 – 80 produk batik motif ayam.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/dari-mangkok-motif-ayam-jago-menular-ke-kain-batik
Comments
Loading...