Modifikasi Batik Bakaran

0 19

Modifikasi Batik Bakaran

Dengan melakukan sedikit modifikasi, bisa menghasilkan produk yang bernilai jutaan. Inilah yang dilakukan Twenty Ningrum Desi Anggraeni seorang mahasiswi asal Desa Bakaran Wetan, RT 2/RW 3, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Perempuan yang saat ini tengah menyelesaikan studi di Universitas Semarang itu, berhasil menciptakan batik bakaran dengan motif yang lebih baru. Yakni menciptakan motif ikan koi. Motif itu diciptakan, supaya Batik Bakaran yang selama ini dikenal dengan motifnya yang klasik, memiliki inovasi baru. Dengan begitu, batik bakaran selalu menyesuaikan perkembangan fashion masa kini. ”Selama ini batik bakaran dikenal dengan motifnya yang klasik. Selain untuk memunculkan motif baru, saya suka dengan ikan koi. Sehingga terbersit dalam pikiran saya untuk menciptakan batik bakaran bermotif ikan koi,” ujar Desi.

Desi sendiri belajar membatik dari orangtuanya, yang sudah tiga tahun ini memproduksi batik bakaran. Itu dilakukannya saat liburan kuliah. Harga satu helai kain batik bakaran koi kreasi Desi, beragam. Dari mulai Rp. 250 ribu hingga Rp. 400 ribu. Semua batik buatannya merupakan hasil kreasi tangan atau tulis, bukan cap atau sablon. Prosesnya hampir sama dengan batik tulis bakaran lainnya. Yang membedakan cuma motifnya yang baru, lebih modern, dan tidak klasik seperti batik pada umumnya. Penjualan batik bakaran dengan motif koi ini juga cukup bagus. Dalam sebulan, Desi mengaku bisa meraup omzet sedikitnya Rp. 5 juta. Itu melalui penjualan online yang dilakukannya.

Jualan secara online yang dilakukannya, terhitung sebagai jualan sampingan di sela-sela aktivitas belajarnya di perguruan tinggi. Kendati begitu, Desi tak jarang menawarkannya kepada teman-teman, kenalan, dan tetangganya sendiri. Hal itu untuk mengantisipasi bila penjualan lewat online sedang sepi pesanan. Penjualan batik secara online yang dilakukan dengan iseng itu cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya. Sembari kuliah, pundi-pundi rupiah pun mengalir.

Source http://www.koranmuria.com/ http://www.koranmuria.com/2016/02/20/30621/modifikasi-batik-bakaran-mahasiswa-pati-ini-punya-omzet-jutaan-tiap-bulan.html
Comments
Loading...