Mode Show Pamerkan Busana Batik Gumelem Banjarnegara

0 49

Mode Show Pamerkan Busana Batik Gumelem Banjarnegara

Pembangunan terhadap pariwisata bisa dilakukan dengan memperkenalkan semua potensi pariwisata dan potensi produk unggulan Banjarnegara seperti makanan lokal, souvenir, kerajinan hingga produk batik sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Banjarnegara. “Agar diakui keberadaannya di pasaran, kita harus gencar mempromosian batik Banjarnegara, seperti saat ini untuk melestarikan kerajinan batik unggulan Banjarnegara agar terkenal di tingkat regional, nasional dan internasional perlu diupayakan promosi secara terus menerus dan berkesinambungan,” kata Bupati Banjarnegara Sebagai media promosi, Bupati juga mendukung agar lomba gebyar pesona citra batik di gelar setiap tahun.

Terkait sejarah Batik Gumelem dengan Batik Banyumas membuat ciri khas Batik Gumelem sedikit mempunyai kesamaan dengan batik Banyumas. Sebagai contoh Motif Kawung di Gumelem menjadi Kawung Ceplokan, Jahe Serimpang, Godong Lumbu, Pring Sedapur dan lainnya. Batik Gumelem juga tidak meninggalkan corak batik khas keratin seperti Sidomukti dan Sidoluhur. Koordinator lomba gebyar pesona citra batik Eko DJuniadi pada kesempatan tersebut mengatakan lomba gebyar pesona citra batik Banjarnegara dan lomba desain motif serta pameran produk unggulan Banjarnegara diselenggarakan selama dua hari yang diikuti oleh kepala SKPD di damping istri, PNS di Jajaran SKPD, Pelajar TK, SD, SLTP dan SLTA se Karesidenan Banyumas.

Lomba gebyar pesona citra Batik Banjarnegara dan lomba desain motif serta pameran produk unggulan Banjarnegara sendiri bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya Banjarnegara khususnya batik dengan berbagai dinamikanya, lomba ini juga diharapkan mampu memberikan aspirasi serta kraetifitas seni untuk mendukung pesona wisata. Selain lomba gebyar pesona batik Banjarnegara juga digelar pameran produk batik dan produk unggulan Banjarnegara di timur Pendapa Dipayuda Adigraha, pameran ini bertujuan untu memberikan kemudahan bagi penonton untuk membeli batik dan produk unggulan lain yang diminati.

Untuk Lomba gebyar pesona batik di bagi menjadi 3 kategori yaitu kategori A yang diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Staf Ahli, Asisten Sekda serta kepala SKPD, Camat, Instansi Vertikal, Kepala BUMD, Perbankan, UPT serta lurah. Sedangkan untuk Kategoti B diikuti oleh peserta perwakilan SKPD, bagian dilingkungan Setda, Kecamatan, Instansi Vertikal, BUMD, Perbanan, BUMD, UPT Dindikpora, sedangkan Kategori C diikuti peserta dari pelajar mulai dari TK hingga SLTA.

Source http://derapsrayu.blogspot.co.id/ http://derapsrayu.blogspot.co.id/2014/12/mode-show-pamerkan-busana-batik-gumelem.html
Comments
Loading...