Minyak Alami Ini Bisa Dijadiin Makeup Remover Juga Lho!

Kalo ngomongin soal makeup pasti nggak bakal ada habisnya. Berbagai macam produk makeup sampe cara ngapus makeup-nya pun beragam  banget. Mulai dari makeup remover yang wujudnya tissue, water base sampe milk dan oily base. Tapi tau nggak sih, selain makeup remover  yang dibuat dari bahan-bahan kimia, ada juga natural ways buat ngapus makeup. Misalnya pake natural oils. Yuk, cek kira-kira natural oil apa aja yang bisa dipake buat jadi makeup remover.

 

1. CASTOR OIL AND OLIVE OIL

Castor oil atau minyak Jarak diproduksi dari biji Jarak dan memiliki sifat anti bakteri. Minyak jarak ini bagus banget buat kulit. Tapi saat pemakaian kita juga harus perhatiin seberapa banyak minyak Jarak yang kita perluin buat muka berdasarkan jenis kulit kita. Selain pake Castor oil, kita juga bisa pake Olive oil alias minyak zaitun. Minyak Zaitun yang punya kandungan Antioksidan yaitu vitamin A dan E cocok buat semua jenis kulit. Keduanya bisa dicampur dan dijadiin bahan makeup remover.

How to use:

  • Buat kita yang punya kulit normal kalian bisa campurin minyak jarak dan zaitun dengan rasio 1:1. Sedangkan buat kulit berminyak rasionya 3:1, dan buat yang kulitnya berminyak rasionya adalah 1:3.
  • Ambil sedikit minyak yang tadi udah kita campur, gosok ke kulit dan pijat secara perlahan, kita bisa lakuin ini selama satu menit.
  • Setelah itu kita bisa pake kain yang udah di rendam di air hangat, buat ngangkat minyak dan ngebersihin pori-pori kita.

Kita juga bisa ganti campurannya sesuai jenis kulit kita. Misalnya buat kita yang punya kulit kering, kita bisa ganti olive oil pake Avocado oil.

 

2. JOJOBA OIL

Jojoba oil adalah minyak alami yang dibuat dari ekstrak  tumbuhan herbal parenial Buxaceae dan punya warna yang sama kayak madu. Jojoba oil punya efek melembapkan kulit. Buat ngebersihin seluruh muka, kita cuma butuh sedikit minyak lho.

How to use:

  • Kita bisa pake cotton ball atau kapas biasa dan tetesin 3 sampe 4 tetes Jojoba oilnya di kapas.
  • Setelah itu kita bisa langsung usap ke seluruh muka kita.
  • Wipe gently kalo kita mau ngbersihin eyeshadow di bagian kelopak mata.
  • Dan tekan agak keras di bagian bibir kalo kita mau bersihin lipstick.

Karena Jojoba oil punya efek melembabkan, jadi kita nggak perlu repot buat ngebersihin sisa minyaknya.

 

3. ALMOND OIL

Selain dipake buat makanan dan aroma terapi, ternyata almond oil juga biasa dipake buat kebutuhan kosmetik. Salah satunya adalah makeup remover. Kandungan antioksidannya bisa bikin kulit lembab dan bercahaya. Almond oil cocok banget buat kita yang punya kulit berminyak.

How to use:

  • Tuang Almond oil ke telapak tangan kita lalu pijat pelan ke seluruh muka. Buat area mata kita bisa campur almond oil pake air bunga mawar atau air biasa. Dan usap secara pelan.
  • Untuk kita yang biasa pake makeup waterproof, bisa banget nambahin minyak lain kayak olive oil atau avocado oil.
  • Sama kayak jojoba oil, setelah pemakaian almond oil kita nggak perlu ngebersihin lagi dan bisa langsung dipake buat pijat muka kita.

Last but not least, kandungan minyak di atas nggak cuma punya efek buat ngebersihin makeup, tapi bisa juga bikin muka kita lebih bersih, glowing dan sehat. Dan dari ketiga minyak tadi, bisa juga dijadiin facial wash kita sehari-hari lho! Kira-kira udah bisa nentuin minyak mana yang mau kita pake buat makeup remover? Tapi harus diperhatiin lagi, minyak mana yang sesuai sama jenis kulit kita ya guys.

Leave a Comment