Minat Pelajar Membatik Tinggi

0 149

Minat Pelajar Membatik Tinggi Perajin Optimistis Keberlanjutan Batik Jepara

Perkembangan terhadap Batik Jepara semakin hari terus berkembang dengan pesat. Selain merabah ke pasar luar negeri, batik khas Jepara tersebut saat ini mulai dilirik generasi muda, terutama dari kalangan pelajar. Itu terlihat dari berbagai kegiatan lomba membatik yang digelar komunitas ataupun pemerintah setempat. Selain itu, mulai banyak pelajar yang bermain dan berkunjung ke pengrajin batik. Hal itu seperti yang disampaikan salah satu pengrajin batik Jepara, Suyanti. Menurutnya, semakin banyak pelajar yang belajar membatik, maka masa depan Batik Jepara semakin cemerlang. Fakta itu membuatnya optimistis keberlanjutan batik khas Jepara akan terus berkembang.

”Kami yakin batik Jepara akan terus berkembang, seiring dengan banyaknya generasi muda yang ingin belajar membatik dengan motif lung-lungan yang menjadi ciri khas batik Kota Ukir,” ujar Suyanti yang juga ketua Paguyuban Biyung Pralodo. Lebih lanjut ia mengaku banyak menerima pelajar bahkan guru yang ingin belajar membatik dan secara khusus memelajari batik Jepara. Tak hanya itu, dalam catatnnya, tidak sedikit sekolah yang mengisi muatan lokal mereka dengan materi membatik.

Tentu saja ini menjadi hal yang positif bagi keberlanjutan batik Jepara. Generasi muda itu yang nanti akan meneruskannya. Ia berharap besar terhadap para guru yang belajar membatik dengan motif khas Jepara. Sebab guru tersebut selanjutnya akan mengajarkannya kepada anak didiknya. Dengan demikian, regenerasi batik Jepara tidak akan putus. Indikasi lain yang membuatnya yakin soal berkembangnya batik Jepara yakni dengan kian banyaknya usaha rumahan yang memroduksi. Di Paguyuban Biyung Pralodo yang ia ketuai, saat ini memiliki 15 anggota. Kesemuanya aktif memroduksi batik Jepara.

Dengan hidupnya Batik Jepara tidak lepas dari peran Pemkab Jepara yang menjadikan batik Jepara sebagai salah satu seragam dinas PNS. Hal senada juga dikatakan Ketua Lembaga Pelestari Ukir, Batik dan Tenun Jepara Hadi Priyanto. Menurut dia, meskipun batik Jepara barumulai berkembang pada 2008, namun saat ini sudah menjadi salah satu ikon Jepara. Perkembangan batik Jepara cukup bagus. Sebisa mungkin keberlanjutan batik khas Jepara ini bisa terus dipertahankan dengan cara melakukan regenerasi. Salah satunya mengajarkan kreatifitas dan kemampuan membatik kepada generasi muda.

Source http://www.koranmuria.com/ http://www.koranmuria.com/2016/08/20/43629/minat-pelajar-membatik-tinggi-perajin-optimistis-keberlanjutan-batik-jepara.html
Comments
Loading...