Minat Pelajar Membatik Tinggi, Perajin Optimistis Keberlanjutan Batik Jepara

0 30

Minat Pelajar Membatik Tinggi, Perajin Optimistis Keberlanjutan Batik Jepara

Meski eksistensi batik khas Jepara belum lama, namun antusiasme masyarakat khususnya pelajar belajar membalik cukup tinggi. Itu terlihat dari berbagai kegiatan lomba membatik dan banyaknya pelajar yang ingin belajar ke pengrajin batik.

Hal itu seperti yang disampaikan salah satu pengrajin batik Jepara, Suyanti. Menurutnya, semakin banyaknya peminat membatik utamanya dari pelajar itu, membuat dirinya optimistis keberlanjutan batik khas Jepara akan terus berkembang.

“Kami optimistis batik Jepara akan terus berkembang, seiring dengan banyaknya generasi muda yang ingin belajar membatik dengan motif lung-lungan yang menjadi ciri khas batik Kota Ukir,” ujar Suyanti kepada MuriaNewsCom.

Lebih lanjut ia mengaku banyak menerima pelajar bahkan guru yang ingin belajar membatik dan secara khusus memelajari batik Jepara. Tak hanya itu, dalam catatannya, tidak sedikit sekolah yang mengisi muatan lokal mereka dengan materi membatik.

“Tentu saja ini menjadi hal yang positif bagi keberlanjutan batik Jepara. Generasi muda itu yang nanti akan meneruskannya,” ungkapnya.

Ia berharap besar terhadap para guru yang belajar membatik dengan motif khas Jepara. Sebab guru tersebut selanjutnya akan mengajarkannya kepada anak didiknya. Dengan demikian, regenerasi batik Jepara tidak akan putus.

Source https://www.murianews.com https://www.murianews.com/2016/08/20/91941/minat-pelajar-membatik-tinggi-perajin-optimistis-keberlanjutan-batik-jepara.html
Comments
Loading...