Merayakan Hari Batik Nasional Cara Tauzia

0 8

Merayakan Hari Batik Nasional Cara Tauzia

Dalam merayakan Hari Batik Nasional di bulan Oktober, hotel-hotel TAUZIA di Jakarta, Bekasi, dan Bogor menggelar acara ‘The Colors of Tauzia’, sebuah acara yang diadakan untuk membagi pengetahuan akan kain tradisional Indonesia sekaligus memperkenalkan ‘brand-brand’ TAUZIA lewat warna-warna yang terjadi pada proses pewarnaan kain secara tradisional, yaitu proses Batik dan Shibori. Acara ini diadakan di Museum Tekstil di Jalan K.S Tubun – Jakarta Barat, Sabtu, 27 Oktober 2018 yang lalu.

Batik adalah warisan berharga budaya Indonesia. Seni membatik adalah teknik pencelupan lilin yang diterapkan ke kain. Tradisi batik telah datang dari sejarah panjang akulturasi yang menghasilkan pola beragam dipengaruhi oleh berbagai budaya.

Batik melesat menjadi lebih popular di masyarakat Indonesia setelah Batik Indonesia menerima pengakuan internasional sebagai Masterpiece of Oral dan Intangible Heritage of Humanity pada bulan Oktober 2009 dari UNESCO.

Sekarang orang lebih menghargai batik daripada sebelumnya. Perancang busana dari pemula hingga yang yang telah memiliki ‘brand’ terkenal aktif merancang batik yang lebih modis dan bergaya santai. Batik tidak lagi hanya dikenakan oleh orang yang lebih tua.

Orang muda pun jadi lebih menyukai Batik. Mereka memakainya di setiap kesempatan, baik formal atau santai dengan kreativitas mereka sendiri.

“TAUZIA Hotels baru-baru ini meluncurkan seragam baru yang dibuat khusus untuk TAUZIA oleh Danar Hadi. Dan sekarang kami ingin merayakan Hari Batik dengan cara yang berbeda. Kami ingin lebih banyak orang mencintai Batik, tetapi terlebih lagi, untuk lebih menghargai proses pembuatan Batik. Itulah mengapa kami menyelenggarakan ‘workshop’ untuk masyarakat yang ingin belajar dan memahami dasar pembuatan Batik. Kedepannya, kami berharap bahwa dengan menghargai proses pembuatan batik, orang akan lebih antusias dan bahkan ingin dapat mewariskannya ke generasi berikutnya, ”kata Irene Janti, Direktur Pemasaran Hotel TAUZIA.

 ‘The Colors of TAUZIA’ terbuka untuk umum dan ditawarkan dengan IDR 300.000nett per orang. Setiap peserta akan mendapatkan 2 jenis workshop yaitu pembuatan Batik dan pembuatan Shibori.

Khusus untuk shibori, workshop akan diterapkan pada selendang panjang yang bisa dibawa pulang oleh para peserta.

Juga, mereka akan mendapatkan rehat kopi, makan siang, dan kesempatan untuk memenangkan hadiah bagi Batik atau Shibori terbaik. Selama acara, akan ada Fashion Show yang dibawakan oleh para karyawan TAUZIA Hotels dengan membawakan koleksi Days oleh Danar Hadi dan Make Up oleh Mustika Ratu. Peserta juga bisa mendapatkan

‘doorprize’ di akhir acara dari HARRIS Vertu Harmoni, Pesona Alam Resorts & Spa, HARRIS Suites fX Sudirman Jakarta, HARRIS Sentul City, HARRIS Bekasi, HARRIS Kelapa Gading, HARRIS Tebet, YELLO Harmoni, dan YELLO Manggarai.

Acara ini didukung oleh Museum Tekstil Jakarta, Danar Hadi dan Mustika Ratu dan dalam kemitraan serta dengan beberapa media terkenal di Jakarta

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/travel/2018/11/02/merayakan-hari-batik-nasional-cara-tauzia
Comments
Loading...