Menyusun Teks Rekaman Percobaan

Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan

Banyak manfaat dari membaca teks rekaman percobaan, terutama berupa penambahan ilmu pengetahuan berkaitan dengan maslah yang dikemukakan dalam teks itu. Dengan membaca teks-teks rekaman percobaa, kita pun didorong untuk lebih cerdas dan kreatif, yakni membuktikan kebenaran suatu teori. Kita tidak sekedar menerima pendapat atau penemuan orang lain. Kita pun harus membuktikannya melalui kegiatan percobaan yang dilakukan sendiri.

Namun, untuk sampai pada pemerolehan pengetahuan dan sikap-sikap itu, kita perlu memahami maksud teksnya secara lebih baik. Kita harus memahami makna kata, kalimat, dan keseluruhan teksnya. Seperti yang kita maklumi bahwa di dalam teks rekaman percobaan, banyak kata teknis yang memiliki arti khusus. Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagan berikut.

Menangkap Makna Teks  Rekaman Percobaan

Menyusun Teks Rekaman Percobaan

Penyusunan teks rekaman percobaan harus diawwali dengan kegiatan percobaan itu sendiri. Kita catat kegiatan-kegiatan penting selama persiapan, proses pelaksanaan, dan hasilnya.

I. Persiapan

Menentukan hal-hal berikut:

  1. Latar belakang perlunya kegiatan percobaan,
  2. Tujuan,
  3. Teori landasan,
  4. Hipotesis,
  5. Alat dan bahan, serta
  6. Rancangan kegiatannya.

II. Proses pelaksanaan percobaan

Mencatat temuan-temuan penting sesuai dengan dengan tujuan percobaan.

III. Mencatat hasil-hasil dan menyusun laporannya sesuai dengan struktur dan kaidah yang benar.

Mencatat hasil-hasil dan menyusun laporannya sesuai dengan struktur dan kaidah yang benar.

 

Menelaah dan Merevisi Teks Rekaman Percobaan

Struktur dan kaidah teks menjadi pedoman untuk menelaah dan merevisi teks rekaman percobaan. Selain itu, telaah dan revisi perlu dilakukan berdasarkan kaidah-kaidah kebahsaan lainnya. Kaidah kebahasaan tersebut antara lain keefektifan kalimat, ketepatan pemilihan kata, serta kebakuan ejaan dan tanda bacanya.

Perhatikanlah cuplikan berikut.

Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang mempunyai ciri sebagaimana makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri tanaman adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada tanaman dapat dilihat dari membesarnya bentuknya yang disebabkan oleh jumlah sel yang bertambah banyak dan bersifat tidak dapat balik (irreversible). Selain itu tanaman juga mengalami perkembangan. Perkembangan adalah peristiwa biologis menuju kedewasaan yang tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tapi dengan perubahan bentuk (metamorphosis) dan tingkat kedewasaan.

Terdapat beberapa factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Salah saunya, yaitu air. Sementara itu, terdapat bebberapa jenis air di dalam kehidupan ini, yakni air biasa, air kepala, dan jenis-jenis lainnya.

_______________

Berdasarkan strukturnya, cuplikan di atas cukup tepat apabila ditempatkan dalam bagian latar belakang percobaan. Hanya saja supaya tidak tertukar dengan teori landasan, bagian tersebut perlu dilengkapi dengan penjelasan tentang pentingnya percobaan itu sendiri. Misalnya, dengan penelitian itu dapat dioptimalkan pemeliharaan berbagai jenis tanaman oleh petani. Dapat pula dinyatakan bahwa dengan percobaan itu, seseorang dapat menentukan jenis air yang tepat dalam memelihara tanaman.

Berdasarkan kaidahnya, cuplikan tersebut sudah menggambarkan ciri-ciri kebahasaan dari teks rekaman percobaan, yakni banyak menggunakan istilah ilmiah, seperti sel, biologis, metamorfosis. Selain itu, teks tersebut berfokus pada penggambaran benda tertentu, yakni tanaman. Teks tersebut juga disusun dengan pola pemerincian, yang di dalamnya terdapat pula beberapa pendefinisian.

 

Pemerincian Pendifinisian
1.       Salah satu ciri tanaman adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

2.       Terdapat beberapa factor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Salah satunya, yaitu air.

1.       Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang mempunyai ciri sebagaimana makhluk hidup lainnya.

2.       Perkembangan adalah peristiwa biologis menuju dengan ukuran, tetapi dengan perubahan bentuk (metamorphosis) dan tingkat kedewasaan.

Namun, berdasarkan keefektifan kalimat dan ketepatan pemilihan katanya, terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki, yakni sebagai berikut.

Kesalahan Berbahasa Perbaikan
1.       Selain itu tanaman juga mengalami perkembangan.

2.       Perkembangan adalah peristiwa biologis menuju kedewasaan yang tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tapi dengan perubahan bentuk (metamorphosis) dan tingkat kedewasaan.

3.       Terdapat beberapa faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

1.       Selain itu, tanaman mengalami perkembangan.

2.       Perkembangan adalah per peristiwa biologis menuju kedewasaan yang tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dengan perubahan bentuk (metamorphosis) dan tingkat kedewasaan. T

3.       Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

 

 

Meringkas Teks Rekaman Percobaan

Ringkasan atau abstrak disusun berdasarkan bagian-bagian penting yang ada di dalam teks percobaan tersebut secara menyeluruh, mulai dari pendahuluan sampai dengan kesimpulan. Semua bagian yang ada di dalam teks itu diharapkan dapat terwakili di dalam abstrak secara berimbang.

Penjelasan-penjelasan penting yang ada pada setiap babnya, kita catat. Selanjutnya, dipadukan dan diceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri. Perhatikan bagan berikut.

Meringkas Teks Rekaman Percobaan

Leave a Comment