Menyoal Batik Harus Halal

0 64

Menyoal batik harus halal

Sebelum tiba tarikh 2019, semua pembatik harus menggenggam sertifikat halal. Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch, Ikhsan Abdullah, kehalalan bukan hanya untuk makanan, obat, dan minuman.

“Batik termasuk barang gunaan sehingga harus mempunyai sertifikat halal,” ujar Ikhsan.

Ia ingatkan, UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) mengatur bahwa penjual produk tak bersertifikat halal terancam penjara maksimum lima tahun atau denda paling pol Rp2 miliar.

Menanggapi rencana wajib halal, Carolina Rika Winata, perajin batik dan celup ikat di Yogyakarta, DIY, bilang, “Batik kan produk yang sudah jadi. Kalau mau melakukan sertifikasi halal seharusnya pemerintah melihatnya dari hulu.”

Carolina beralasan, “Kita kan cuma beli bahannya, trus dibuat jadi batik. Kalau pengrajin dan pengusaha batik diwajibkan memegang sertifikat halal, gunanya untuk apa?”

Sedangkan Sapuan alias Cik Gu, seorang tokoh bisnis batik di Pekalongan, Jawa Tengah, malah menganggap sertifikasi batik itu mengada-ada.

Ia menulis kepada Trubus.id, “Jika, batik itu haram, harusnya sejak dulu sudah dihukum haram bukan? Dulu para kiai itu membuat batik. Asal tahu saja, kiai itu orang yang memahami hukum.”

Peraturan pemerintah, sebagai turunan UU JPH, akan segera terbit. “PP sebentar lagi akan ditandatangani presiden. Tinggal finalisasi,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta (Antaranews.com, 30/1/2018)

Sekretaris Koperasi Batik Budi Tresna, Masnedi Masina, yang menghimpun pengusaha batik trusmi di Plered, Cirebon, Jawa Barat, menyatakan senang dengan wajib halal.

Oleh Halal Watch ia dikutip, “Jika sudah bersertifikat halal, masyarakat tidak akan ragu untuk membeli batik.”

Di luar isu halal tak halal, keindahan batik menyisakan limbah. Tanpa penanganan yang tepat akan mencemari lingkungan, seperti di Pekalongan.

Akan tetapi ada warta bagus. Tim mahasiswa Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, tahun lalu menginvensi alat portabel pengolah limbah batik. Nama alat itu Plato.

Source https://beritagar.id https://beritagar.id/artikel/berita/menyoal-batik-harus-halal
Comments
Loading...