Menuju Desa Batik Lendah

0 94

Menuju Desa Batik Lendah

Kulon Progo merupakan salah satu wilayah yang pantas dan layak untuk didatangi para pelancong sebagai tempat untuk melakukan wisata batik. Kulonprogo ini memiliki sentra batik yang terletak di wilayah Lendah. Daerah ini berlokasi kurang lebih berjarak sekitar dua puluh kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Wilayah Ledah yang merupakan sentra baju batik yang ada di wilayah Kulom Progo ini kurang lebih berada  sekitar dua puluh kilometer dari arah pusat Yogyakarta. Untuk dapat menemukan lokasi tepat dari sentra baju batik yang ada di Lendah ini, para pelancong jika berasal dari kota Yogyakarta cukup berjalan menuju ke arah wilayah barat melalui jalan wates hingga kemudian akan tiba di daerah Sentolo.

Pasar Sentolo akan kita lewati dan  akan berjumpa dengan desa yang bernama Salamrejo. Desa ini merupakan sentra kerajinan untuk berbagai kerajinan seni serat alami, seperti kerajinan yang terbuat dari beragam jenis enceng gondok, kerajinan yang berasal dari pelepah pisang, dari rami atau pun dari beragam serat alam baik yang terbuat dari enceng gondok, pelepa pisang, rami atau pun beragam serat alam lainnya. Produk kerajinan ini misalnya dapat berupa tas, tikar ataupun juga berupa sketsel. Pengrajin kerajinan yang berasal dari daerah ini lebih banyak dan suka menjual kerajinan hasil buatan mereka ke luar daerah seperti Bali dan juga melakukan ekspor ke mancanegara.

Setelah melewati Desa Salamrejo, kemudian akan menuju ke wilayah Desa Lendah dimana tempat para pengrajin baju batik itu dapat kita temui sedang membuat karyanya. Sepanjang jalan yang kita lewati dapam perjalanan ini,  disini akan menikmati suasana dari hutan jati dan keindahan gemericik air dari sungai progo. Rumah-rumah sepanjang jalan ini dihuni oleh penduduk yang tampak sederhana dan kebanyakan masih terbuat dari bambu malah menjadi suatu nilai tambah dalam hal menambah keasrian desa itu. Setelah melalu daerah Salamrejo akan terus melalui jalan utama wilayah itu hingga pada akhirnya akan sampai ke tujuan yaitu Desa Batik Lendah.

Source Menuju Desa Batik Lendah Batik
Comments
Loading...