Menjaga Esksistensi Batik Khas Dayak Maanyan

0 224

Menjaga Esksistensi Batik Khas Dayak Maanyan

Pengolahan kain dengan menggunakan cara mengukir atau disebut membatik yang dilakukan pada tiap daerah tidak jauh berbeda. Bahan serta cara mengolah hampir sama. Namun, hasilnya bisa dikatakan berbeda. Lantaran batik yang satu ini mengangkat simbol–simbol budaya asli setempat. Merek dari Batik Tulis yang bermotif spesial Dayak Ma’anyan hanya ada di sini. Beragam motif dengan kekayaan budaya yang tidak kebanyakan bisa didapatkan di pasaran. Hanya bisa diproduksi oleh industri rumahan dengan enam pekerja lokal tersebut.

Salah satu hasil kain batik yang awalnya dipromotori oleh teknis pemerintah di seputar kawasan Pasar Temanggoeng Djaja Karti, Tamiang Layang. Kini, mulai mandiri sebagai usaha dengan ciri khas kental daerah dan menjajaki pangsa pasar luar.

“Batik Wihellie adalah perpaduan budaya asli Ma’anyan, dan saya yakin memang baru disini (Bartim.Red) produksi dengan banyak art dayak yang memiliki makna masing–masing,” ucap pengrajin Richard C Luhulima.

Peluang usaha itu didapat setelah kerajinan dari pulau Jawa itu mulai merambah luas menjadi alternatif yang dinilai bisa dikembangkan di wilayah setempat. Keterampilan yang didapat dari pembinaan serta pelatihan langsung ke suhunya dalam mengolah kain batik tersebut dituangkan menjadi karya yang memadukan kultur budaya.

Olahan produksi usaha rumahan itu di antaranya mengambil motif dari Wadian Bulat, Burung Jue, Anggrek Hitam, Mandau, Burung Punei dan puluhan motif lain. Tidak hanya berbentuk kain, tapi berupa pakaian, dasi, sampai hiasan dinding dengan desain khas Dayak Ma’anyan menjadi andalan produksi.

Usaha rumahan dengan mengedepankan seni budaya itu dinilai cukup berkembang. Keterampilan membatik yang tergolong masih baru itu rupanya juga mulai merambah dan menyasar pangsa pasar di luar daerah. Seperti Palangka Raya, Pulang Pisau hingga order di luar Kalimantan. Batik asli daerah ini masih perlu dukungan pemerintah untuk mencari pangsa pasar yang luas. Dan kami juga selaku pengrajin asli lokal diupayakan bisa menjajaki pasaran di luar negeri.

Source Menjaga Esksistensi Batik Khas Dayak Maanyan Batik
Comments
Loading...