Meningkatkan Penggunaan Batik di Seluruh Dunia

0 10

Jangan bicara tentang dunia sebelum kita bisa melihat batik digunakan lebih luas lagi di dalam negeri. Inovasi masih terus diperlukan untuk menghadirkan variasi motif-motif batik baru dalam berbagai bentuk produk yang belum pernah dicoba sebelumnya. Kesadaran, kebanggaan, dan kepercayaan diri masyarakat untuk menggunakan produk bermotif batik masih tetap harus ditingkatkan dan dipertahankan dengan baik.

Selanjutnya, kita harus meningkatkan kualitas produk bermotif batik agar mampu memenuhi kebutuhan di berbagai segmen konsumen, mulai dari kelas bawah, menengah, hingga atas. Kita juga harus meningkatkan promosi terhadap produk tersebut dengan memanfaatkan semua media yang memungkinkan, khususnya jejaring sosial yang saat ini banyak digunakan dan tidak memakan biaya besar untuk menjalankan kegiatan promosi. Pemerintah dan pengusaha swasta perlu memfasilitasi penjualan batik oleh semua kelompok produsen dengan menyediakan sarana berupa marketplace.

Hanya dengan satu klik, pembeli bisa mendapatkan produk bermotif batik sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Misalnya, saya menginginkan motif batik tertentu terdapat pada beberapa produk, misalnya casing ponsel, kemeja, sarung bantal, dan flash disk. Saya bisa mendapatkannya dengan memesan secara khusus melalui marketplace ini. Kerja sama dengan negara lain merupakan langkah strategis yang dapat dilakukan dengan menghadirkan toko-toko untuk menjual produk bermotif batik di sana. Berikut adalah lokasi-lokasi yang tepat untuk membangun toko batik di luar negeri (tentunya bersamaan dengan produk khas Indonesia yang lain).

  • Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di luar negeri,
  • bandar udara internasional di luar negeri (berbentuk toko bebas pajak atau duty free shop),
  • dan pusat perbelanjaan utama di luar negeri.
Source https://officialcevanideas.wordpress.com https://officialcevanideas.wordpress.com/2016/10/05/inovasi-anak-bangsa-untuk-menduniakan-batikindonesia/
Comments
Loading...