Menikmati Keindahan Batik Langgeng Kendal

0 167

Menikmati Keindahan Batik Langgeng Kendal

Sulasmi merupakan salah satu perajin batik yang berasal dari Kota Kendal, Jawa Tengah, yang sampai sekarang masih bertahan. Sehari-hari ia dibantu suaminya, Sugeng. Mereka terus membatik, tanpa berpikir apakah batiknya akan laku atau tidak. Karena bagi Sulasmi, membatik adalah hobi yang tidak bisa ditinggalkan. “Kalau tidak membatik dalam sehari, seperti ada yang kurang dalam hidup saya,” ujar Sulasmi. Warga RT 01 RW 01 Pegulon Kendal tersebut mengatakan, membatik memerlukan ketelitian dan kesabaran. Selain supaya hasilnya baik, hal itu juga untuk memuaskan konsumen.

Sulasmi memberi nama Langgeng pada batiknya. Nama itu berarti Lasmi dan Sugeng. Tapi, bisa juga diartikan awet atau bertahan lama. Lulusan Fisip Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang itu serius menekuni usaha batik sejak tahun 2013. Saat itu, Kabupaten Kendal sedang mulai menggalakan Batik Kendal. Namun untuk menjadi perajin batik, bukanlah hal mudah. Ibu tiga anak ini harus melalui jalan berliku, karena banyak pabrik yang sudah memproduksi kain batik. Walaupun sebenarnya, yang diproduksi pabrik bukanlah batik tulis.  Harga batik pengeluaran (produksi) pabrik lebih murah. Menurut Sulasmi, sebagai seorang perajin batik, ia harus terus berinovasi dan mempunyai produk unggulan. Produk batik unggulannya tahun ini adalah batik mouri baru. Batik mouri baru ini memadukan tradisional dengan teknik si bori atau pewarnaan. Model ini sangat disukai pecinta batik.

Harga batik milik Sulasmi, cukup beragam. Mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000. Batik produksinya, sambung Sulasmi, baru di pasarkan di Jawa dan Lampung. Untuk memasarkannya, ia manfaatkan teknologi, dengan cara online. Selain itu, ia mengikuti pameran yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kendal. Selain batik tulis, saya juga memproduksi batik cap, serta kombinasi antara cap dan tulis. Sementara itu, pecinta batik asal Kaliwungu Kendal, Any Faiqoh, mengaku memiliki beberapa pakaian batik karya Sulasmi. Any mengaku cocok dengan warna dan corak batik produksi Sulasmi. Harga batik buatan Sulasmi sangat terjangkau. Walaupun kualitasnya tidak kalah dengan batik produksi pengrajin batik lain.

Source https://www.kompas.com/ https://regional.kompas.com/read/2018/03/02/08032531/menikmati-keindahan-batik-langgeng-kendal.
Comments
Loading...